EVALUASI KANDUNGAN LOGAM BERAT Pb DAN Cd DALAM SEDIMEN AIR SUNGAI BENGAWAN SOLO DI SEKITAR KAWASAN INDUSTRI JURUG SURAKARTA

Damayanti, Devita Ayu (2011) EVALUASI KANDUNGAN LOGAM BERAT Pb DAN Cd DALAM SEDIMEN AIR SUNGAI BENGAWAN SOLO DI SEKITAR KAWASAN INDUSTRI JURUG SURAKARTA. Skripsi thesis, UMS.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_PERSETUJUAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kawasan industri Jurug Surakarta meliputi industri cat, kertas dan konveksi dimungkinkan mengalirkan limbah cairnya ke Sungai Bengawan Solo Jurug Surakarta. Limbah industri biasanya mengandung logam-logam berbahaya, khususnya Pb dan Cd. Logam Pb dan Cd sangat berbahaya bagi kehidupan biota air, manusia dan tumbuhan sehingga perlu dievaluasi kandungan logam Pb dan Cd dari sedimen Sungai Bengawan Solo. Pengambilan sampel sedimen Sungai Bengawan Solo pada 2 titik di sekitar pembuangan industri Jurug Surakarta. Titik pertama 50 m sebelum kawasan industri dan titik kedua 50 m setelah kawasan industri dengan teknik sampel sesaat/ grab sampel pada pagi dan sore hari. Sampel dikeringkan pada o temperatur 105 C dalam oven selama 24 jam. Sampel kemudian diperlakukan 06-6992.4-2004 dan di analisis dengan Spektrofotometer sesuai prosedur SNI Serapan Atom (SSA). Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi logam timbal dan kadmium di sedimen sungai Bengawan Solo di sekitar kawasan industri Jurug Surakarta adalah 9,2708±1,1809 ppm dan 0,2963±0,03230 ppm. Berdasarkan uji Anava dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan hasil pengukuran kandungan logam timbal pada sedimen Sungai Bengawan Solo antara tempat pengambilan sampel dengan konsentrasi logam timbal terdapat perbedaan bermakna, sedangkan kandungan logam kadmium pada sedimen Sungai Bengawan Solo tidak terdapat perbedaan bermakna.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: logam berat; sedimen; Sungai Bengawan Solo, SSA.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2011 08:21
Last Modified: 26 Nov 2019 03:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14940

Actions (login required)

View Item View Item