OPTIMASI TABLET HISAP EKSTRAK ETANOLIK DAUN JATI BELANDA (Guazuma ulmifolia Lamk.) DENGAN KOMBINASI MANITOL dan PULVIS GUM ARABICUM MENGGUNAKAN METODE FACTORIAL DESIGN

SUPRIYANTO, SUPRIYANTO (2011) OPTIMASI TABLET HISAP EKSTRAK ETANOLIK DAUN JATI BELANDA (Guazuma ulmifolia Lamk.) DENGAN KOMBINASI MANITOL dan PULVIS GUM ARABICUM MENGGUNAKAN METODE FACTORIAL DESIGN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tanaman Jati belanda (Guazuma ulmifolia Lamk.) merupakan salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Kandungan utama adalah tanin. Tanin bersifat sebagai astringen, yang berkhasiat sebagai obat pelangsing. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kombinasi PGA dan manitol terhadap sifat fisik tablet hisap yang dihasilkan dengan metode desain faktorial. Tablet dibuat menjadi 4 formula dengan variasi konsentrasi perbandingan PGA dan manitol sebagai berikut= 69mg:800mg, 115mg:800mg, 69mg:1200mg dan 115mg:1200mg. Tablet dibuat dengan kempa langsung menggunakan metode granulasi basah. Granul diuji meliputi: kecepatan alir, sudut diam, pengetapan, kemudian granul dibuat tablet dan dilakukan uji sifat fisik tablet meliputi: keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan dan uji tanggapan responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode desain faktorial dan didapatkan titik optimum pada Contour plot supper imposed. Berdasarkan titik optimum didapatkan formula optimum untuk dilakukan verifikasi. Validitas hasil verifikasi dengan hasil prediksi berdasarkan metode desain faktorial diuji statistik dengan menggunakan uji one sample t-Test dengan taraf kepercayaan 95%. Kombinasi PGA dan manitol pada berbagai level berpengaruh baik terhadap sifat fisik granul maupun sifat fisik tablet, yakni kenaikan konsentrasi PGA dan penurunan konsentrasi manitol dapat menurunkan sudut diam, pengetapan, kerapuhan, respon rasa dan meningkatkan waktu alir, sudut diam, keseragaman bobot, kekerasan, waktu melarut. Pada daerah Contour plot supper imposed diambil salah satu titik daerah optimum dengan perbandingan PGA 114,69 mg dan manitol 940,94 mg.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guazuma ulmifolia Lamk, tablet hisap, PGA, manitol, desain faktorial
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Oct 2011 08:15
Last Modified: 05 Oct 2011 08:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14939

Actions (login required)

View Item View Item