EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS PADA PASIEN ANAK TUBERKULOSIS PARU DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI PERIODE JANUARI-AGUSTUS 2010

KUSUMA, NURUL AGUSTINA HADI (2011) EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS PADA PASIEN ANAK TUBERKULOSIS PARU DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI PERIODE JANUARI-AGUSTUS 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_1.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (279kB)
[img] PDF (bab.2)
BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (bab.4)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Di Indonesia, TBC merupakan masalah utama kesehatan masyarakat. Jumlah pasien TBC di Indonesia merupakan ke-3 terbanyak di dunia setelah India dan Cina. Diperkirakan pada tahun 2004, setiap tahun ada 539.000 kasus baru dan kematian 101.000 orang. Pada tahun 2009 WHO juga mencatat peringkat Indonesia menurun ke posisi lima. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan obat anti tuberkulosis pada pasien anak tuberkulosis paru di instalasi rawat jalan RSUD Banyudono Kabupaten Boyolali. Penelitian bersifat non eksperimental yang dilakukan secara retrospektif dan dianalisis dengan metode deskriptif dengan menelusuri kartu rekam medik pasien anak tuberkulosis paru dengan data yang digunakan meliputi: umur, jenis kelamin, berat badan, jenis obat yang diberikan, lama terapi, dan skoring. Data yang dianalisis meliputi: umur dan jenis kelamin, evaluasi ketepatan obat, evaluasi ketepatan dosis, evaluasi lama pengobatan, hasil pengobatan, dan efek samping obat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kasus tuberkulosis anak yang diteliti sebagai sampel sebanyak 45 kasus. Evaluasi ketepatan obat menunjukkan hasil 100%. Ketepatan indikasi berdasarkan nilai skoring didapatkan hasil 100%, ketepatan dosis sebanyak 82,22%, dan ketepatan lama pengobatan (6 bulan) sebanyak 75,56%, serta hasil pengobatan dengan kategori lengkap sebanyak 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Obat anti tuberkulosis, evaluasi penggunaan obat, Rumah Sakit Umum Daerah Banyudono
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 03 Oct 2011 10:39
Last Modified: 03 Oct 2011 10:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14910

Actions (login required)

View Item View Item