ANALISIS KINERJA DAN PENETAPAN TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN BUS PO. ANTAR JAYA JURUSAN SURAKARTA-YOGYAKARTA

Supriyanto, Sonny Budi (2006) ANALISIS KINERJA DAN PENETAPAN TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN BUS PO. ANTAR JAYA JURUSAN SURAKARTA-YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER.pdf

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)

Abstract

Bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaannya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Secara lengkap penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dan penetapan tarif berdasarkan Biaya Operasi Kendaraan bus PO. Antar Jaya jurusan Surakarta-Yogyakarta, antara lain kecepatan, waktu sirkulasi, factor beban (load factor), waktu antara (time headway). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survai untuk mendapatkan data primer dan data sekunder, yang dilaksanakan pada hari Sabtu 10 Juni 2006, Senin 12 Juni 2006, Kamis 15 Juni 2006. Data primer yang diperoleh adalah jumlah penumpang naik turun, waktu penumpang naik turun di terminal dan di perjalanan, waktu tempuh, jarak tempuh, waktu berhenti di terminal, jam berangkat dan jam tiba, kapasitas angkutan serta tarif di lapangan. Sedangkan data sekunder yang diperoleh adalah rute bus dan jadual pemberangkatan bus jurusan Surakarta – Yogyakarta dari Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya Surakarta, harga satuan komponen Biaya Operasi Kendaraan serta tarif dasar angkutan umum dari PO. Antar Jaya. Analisis yang dilakukan didasarkan pada pedoman teknis penyelenggaraan angkutan umum dalam trayek tetap dan teratur. Dari hasil analisis kinerja bus PO. Antar Jaya diperoleh kecepatan rata-rata sebesar 46,91 km/jam, waktu sirkulasi PO. Antar Jaya sesuai hasil perhitungan sebesar 240,12 menit, load factor PO. Antar Jaya sebesar 51%, time headway PO. Antar Jaya di lapangan sebesar 16,42 menit. Sedangkan nilai BOK untuk PO. Antar Jaya sebesar Rp 3.356,98.-/km, tarif/penumpang di lapangan sebesar Rp 8.000,00, tarif sesuai BOK sebesar Rp 9.922,21.-.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Tarif, Angkutan Umum
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 10:45
Last Modified: 11 Jan 2012 11:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14877

Actions (login required)

View Item View Item