Pengaruh Waktu Terhadap Jumlah Kuman Dalam Air Kemih Pada Penderita dengan Dauer Kateter Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Asbar, Anindia Rahmawati (2011) Pengaruh Waktu Terhadap Jumlah Kuman Dalam Air Kemih Pada Penderita dengan Dauer Kateter Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)

Abstract

Infeksi saluran kemih adalah infeksi nosokomial yang paling sering terjadi dan resikonya meningkat pada penggunaan kateter yang lebih lama. Adanya kuman di dalam saluran kemih sebesar > 10.000/ml urin kateter menandakan adanya infeksi saluran kemih. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui jumlah kuman dalam air kemih pada penderita dengan dauer kateter di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian observasi laboratorik dengan metode pendekatan cross sectional menggunakan teknik sampling non random quota. Pemeriksaan dilakukan pada 13 pasien urin kateterisasi hari pertama, hari ketiga dan hari ketujuh meliputi pemeriksaan jumlah kuman dan sedimen leukosit. Data dianalisis dengan uji Man;whitney dengan program SPSS versi 16.0. Dari analisa statistik diperoleh bahwa pemeriksaan jumlah kuman urin kateterisasi hari ketiga (p=0,002) dan hari ketujuh (p=0,024) terdapat perbedaan jumlah kuman yang bermakna. Pemeriksaan sedimen leukosit hari ketiga (p=0,206) tidak ada perbedaan jumlah sedimen leukosit yang bermakna dan pada hari ketujuh (p=0,016) terdapat perbedaan jumlah sedimen leukosit yang bermakna. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh waktu terhadap jumlah kuman dalam air kemih pada penderita dengan dauer kateter.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J500/2011-016
Uncontrolled Keywords: Infeksi nosokomial, Infeksi saluran kemih, Katete
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Sep 2011 10:00
Last Modified: 08 Nov 2011 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14867

Actions (login required)

View Item View Item