HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN KONTRASEPSI IUD DENGAN ANGKA KEJADIAN LEUKOREA PATOLOGIS PADA AKSEPTOR KB IUD DI PUSKESMAS KLEGO II KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI

MAYANGSARI , DINAR (2011) HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN KONTRASEPSI IUD DENGAN ANGKA KEJADIAN LEUKOREA PATOLOGIS PADA AKSEPTOR KB IUD DI PUSKESMAS KLEGO II KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._Cover_-_Abstrak.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)

Abstract

Latar Belakang : Salah satu metode kontrasepsi yang ideal adalah IUD, di kecamatan Klego kontrasepsi IUD merupakan kontrasepsi terbanyak kedua setelah KB suntik. Kontrasepsi IUD yaitu kontrasepsi yang reversibel mempunyai peranan penting dalam bidang KB karena secara teoritis kontrasepsi IUD sangat potensial sebagai alat kontrasepsi yang ideal, aman, efektif dan murah karena hanya memerlukan satu kali insersi dengan cara pemasangan yang relatif mudah untuk proteksi dalam jangka waktu yang lama dan efek samping minimal. Salah satu efek samping yang paling sering terjadi akibat pemakaian kontrasepsi IUD adalah Leukorea patologis. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan lama pemakaian kontrasepsi IUD dengan kejadian Leukorea patologis pada akseptor KB IUD di puskesmas Klego II kecamatan Klego kabupaten Boyolali. Metode : Penelitian ini mnggunakan metode penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan lama pemakaian kontrasepsi IUD dengan kejadian Leukorea patologis pada akseptor KB IUD di puskesmas Klego II kecamatan Klego kabupaten Boyolali pada bulan Maret 2011 dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel 80, terdiri dari 40 orang yang memakai kontrasepsi IUD kurang dari 2 bulan dan 40 orang yang memakai kontrasepsi IUD lebih dari 2 bulan. Hasil : Didapatkan 44 responden dengan Leukorea patologis dan 36 responden tidak mengalami Leukorea patologis. Analisa Chi square didapatkan hasil X2 hitung (29,091) > X2 tabel (3,81) dan (p < 0,05) Kesimpulan : Ada hubungan lama pemakaian kontrasepsi IUD dengan kejadian Leukorea patologis pada akseptor KB IUD di puskesmas Klego II kecamatan xi Klego kabupaten Boyolali (akseptor kontrasepsi IUD yang menggunakan lebih dari 2 bulan lebih beresiko mengalami Leukorea patologis lebih besar dibandingkan akseptor kontrasepsi IUD yang menggunakan kurang dari 2 bulan).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J500/2011-008
Uncontrolled Keywords: kontrasepsi IUD - Leukorea patologis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 09:53
Last Modified: 08 Nov 2011 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14863

Actions (login required)

View Item View Item