PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWA SMA NEGERI 5 SURAKARTA TENTANG PENATALAKSANAAN SWAMEDIKASI INFLUENZA SETELAH DIBERI EDUKASI

NOVALIANA, ZETTY (2011) PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWA SMA NEGERI 5 SURAKARTA TENTANG PENATALAKSANAAN SWAMEDIKASI INFLUENZA SETELAH DIBERI EDUKASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (512kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Influenza adalah penyakit ringan yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini sering terjadi dan untuk mengatasinya dengan melakukan swamedikasi. Tindakan swamedikasi dapat ditingkatkan dengan penyuluhan kesehatan atau edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi melalui metode ceramah dengan media slide dan handout atau metode membaca dan menyimak dengan media leaflet terhadap pengetahuan penatalaksanaan swamedikasi influenza pada siswa SMA X Surakarta tahun 2011. Metode penelitian ini pre-eksperimental dengan rancangan penelitiannya pre-test and post-test group. Penelitian dilakukan di SMA X Surakarta. Sampel adalah siswa kelas XI IPA dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan ialah 124 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok sama banyak. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang bermakna (p<0,05) setelah diberi edukasi. Edukasi dengan metode ceramah didapatkan rata-rata nilai pre-test 69,61 ±9,84 dan rata-rata nilai post-test 90,77 ±6,74. Pada edukasi dengan metode membaca hasil rata-rata nilai pretest 69,81 ±11,87 dan rata-rata nilai postest 94,00 ±5,26. Kesimpulannya adalah edukasi melalui metode ceramah dengan media slide dan handout atau metode membaca dan menyimak dengan media leaflet dapat meningkatkan pengetahuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011-037
Uncontrolled Keywords: edukasi, pengetahuan, swamedikasi influenza.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Sep 2011 04:20
Last Modified: 14 Nov 2011 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14838

Actions (login required)

View Item View Item