FORMULASI SEDIAAN HARD MOLDED LOZENGES EKSTRAK KELOPAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) DENGAN BASIS SUKROSA-SIRUP JAGUNG

DWI RHANDAYANI, RINNA (2011) FORMULASI SEDIAAN HARD MOLDED LOZENGES EKSTRAK KELOPAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) DENGAN BASIS SUKROSA-SIRUP JAGUNG. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)

Abstract

Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn.) adalah salah satu tanaman obat tradisional yang telah digunakan sebagai antioksidan. Pemanfaatan kelopak bunga rosella hanya sebatas dalam bentuk seduhan dirasa kurang praktis dan acceptable. Oleh karena itu, dibuat sediaan hard molded lozenges yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penggunaannya serta rasa yang enak. Sukrosa dan sirup jagung merupakan 2 jenis gula yang paling umum digunakan dalam pembuatan hard molded lozenges. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ekstrak kental kelopak bunga rosella dapat diformulasi menjadi hard molded lozenges, dan untuk mencari formula optimum serta pengaruh variasi kadar sukrosa-sirup jagung terhadap sifat fisik dan rasa dari hard molded lozenges. Hard molded lozenges diproduksi dengan metode peleburan atau molded. Penelitian ini dibuat lima formula dengan kombinasi sukrosa-sirup jagung yaitu F1 (100 % : 0 %), FII (75 % : 25 %), F III (50 % : 50 %), F IV (25% : 75%), dan F V (0% : 100%). Parameter yang digunakan dalam menguji hard molded lozenges meliputi : keseragaman bobot, kekerasan, waktu larut, warna, kejernihan, kelengketan, tekstur permukaan, dan tanggapan rasa. Hasil pengujian dianalisa menggunakan metode optimasi model Simplex Lattice Design. Hasil prediksi formula optimum dengan metode Simplex Lattice Design diperoleh formula optimum dengan perbandingan sukrosa-sirup jagung 20%:80%. Konsentrasi sirup jagung yang tinggi dapat meningkatkan kekerasan, waktu larut, dan penerimaan rasa oleh konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kelopak bunga rosella, sukrosa-sirup jagung, hard molded lozenges, Simplex Lattice Design.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Sep 2011 09:36
Last Modified: 29 Sep 2011 11:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14804

Actions (login required)

View Item View Item