PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG GIZI DAN IMUNISASI CAMPAK PADA IBU YANG BEKERJA DAN IBU YANG TIDAK BEKERJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS 1 NGUTER SUKOHARJO

SUBEKTI, NAFIK (2011) PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG GIZI DAN IMUNISASI CAMPAK PADA IBU YANG BEKERJA DAN IBU YANG TIDAK BEKERJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS 1 NGUTER SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah gizi pada anak sering ditemui pada masyarakat di daerah pedesaan yang mengkonsumsi bahan pangan yang kurang bergizi. Sebenarnya masalah tersebut tidak selalu disebabkan karena kurangnya bahan makanan bergizi yang dimiliki oleh keluarga, namun seringkali disebabkan oleh pengetahuan ibu yang kurang baik. Selain pemberian gizi yang baik, pemberian imunisasi merupakan faktor yang penting untuk menjaga kesehatan anak. Imunisasi memberikan perlindungan menyeluruh pada anak terhadap penyakit-penyakit yang berbahaya. Demikian halnya pada masalah gizi, seringkali ibu lalai memberikan imunisasi kepada anaknya yang disebabkan ibu kurang mengerti manfaat dari imunisasi. Pada masyarakat pedesaan, seringkali ibu diharuskan untuk bekerja demi membantu ekonomi rumah tangga. Kondisi ini menyebabkan kesempatan ibu untuk mengikuti kegiatankegiatan kesehatan yang ada dilingkungannya berkurang. Tujuan: Mengetahui perbedaan pengetahuan tentang gizi dan imunisasi campak pada ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja di wilayah kerja Puskesmas 1 Nguter Sukoharjo. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu-ibu balita yang bekerja dan yang tidak bekerja di wilayah Puskesmas 1 Nguter Sukoharjo. Sampel penelitian adalah 35 ibu bekerja dan 35 ibu tidak bekerja yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 15.00 for Windows. Hasil: Pengetahuan tentang gizi dan imunisasi campak pada ibu yang tidak bekerja pada kategori rendah sebanyak 19 responden (40%), sedangkan pada ibu yang bekerja lebih besar yaitu sebanyak 28 responden (60%). Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,287 dengan p-value 0,025, sehingga H0 ditolak. Kesimpulan: Berdasarkan analisis diatas disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan tentang gizi dan imunisasi campak pada ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja di wilayah kerja Puskesmas 1 Nguter Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ibu bekerja dan tidak bekerja, pengetahuan tentang gizi, imunisasi campak
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Sep 2011 08:47
Last Modified: 29 Sep 2011 11:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item View Item