PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU DINGIN

KURNIAWATI, THERESIA DESSY (2011) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU DINGIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan'.PDF

Download (404kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka'.PDF

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran'.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Air kelapa merupakan bahan pangan yang mudah mengalami kerusakan akibat aktivitas mikrobia. Upaya untuk mencegah kerusakan bahan pangan dapat dilakukan dengan menambahkan ekstrak gambir. Katekin yang terdapat dalam ekstrak gambir merupakan senyawa polifenol yang memiliki sifat sebagai antioksidan dan antimikrobia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak air:etanol (1:1) dari gambir terhadap sifat kimia air kelapa selama penyimpanan suhu dingin. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang didasarkan pada persentase penambahan ekstrak gambir (0%, 0,15% dan 0,3%) dan lama penyimpanan (0, 2, 4 dan 6 hari). Analisis dilakukan terhadap kadar gula reduksi, derajat keasaman (pH), dan total asam. Data dianalisis dengan Anova, perbedaan yang nyata dianalisis dengan DMRT pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lama penyimpanan dan konsentrasi penambahan ekstrak gambir terhadap kadar gula reduksi, pH, dan total asam air kelapa. Tidak ada pengaruh dari interaksi antar lama penyimpanan dengan penambahan ekstrak gambir terhadap pH dan total asam air kelapa selama penyimpanan suhu dingin. Penambahan ekstrak gambir berbeda nyata pada kadar gula reduksi, pH, sedangkan pada total asam hanya pada penambahan ekstrak gambir 0,15%. Penambahan ekstrak gambir 0% memberikan stabilitas tertinggi terhadap kadar gula reduksi. Penambahan ekstrak gambir 0,15% memberikan stabilitas tertinggi terhadap pH. Penambahan ekstrak gambir 0,3% memberikan stabilitas tertinggi terhadap total asam. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak gambir pada sifat air kelapa yang lain, misalnya pada sifat mikrobiologinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011-020
Uncontrolled Keywords: air kelapa, ekstrak gambir, kadar gula reduksi, pH, total asam
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Sep 2011 05:56
Last Modified: 14 Sep 2022 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14795

Actions (login required)

View Item View Item