HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN GIZI DENGAN TINGKAT KEPATUHAN DIET PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 RAWAT JALAN DI RSUD KABUPATEN KARANGANYAR

Darbiyono, Djoko (2011) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN GIZI DENGAN TINGKAT KEPATUHAN DIET PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 RAWAT JALAN DI RSUD KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

Diabetes Mellitus ( DM ) merupakan penyakit gangguan menahun pada sistem metabolisme karbohidrat, lemak dan protein yang ditandai dengan naiknya kadar gula darah ( hiperglikemia ) dan tingginya kadar gula dalam urin ( glikosuria ). Penanganan pasien DM tipe 2 dilakukan dengan 4 pilar utama, yaitu edukasi ( pendidikan ), perencanaan makanan, latihan jasmani dan intervensi farmakologis. Keberhasilan terapi diet untuk pasien DM tipe 2 dipengaruhi juga oleh faktor pengetahuan gizi pasien tentang penyakit DM. Latar belakang pendidikan pasien yang beragam juga mempengaruhi terhadap sudut pandang, pola pikir dan penerimaan pasien terhadap terapi diet yang dijalani. Tujuan Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan gizi dengan tingkat kepatuhan diet pada penderita DM tipe 2 rawat jalan di RSUD Kabupaten Karanganyar. Metode penelitian Jenis penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dengan teknik consecutive sampling. Besar sampel sebanyak 37 responden. Uji statistik yang digunakan Rank Spearman dan regresi. Hasil Tingkat pendidikan pasien sebagian besar tingkat pendidikan lanjut ( ≥ SLTA ) sebesar 64,9 %, tingkat pengetahuan gizi pasien sebagian besar tingkat pengetahuan gizi baik sebesar 70,2 %. Ada hubungan tingkat pendidikan dengan tingkat kepatuhan diet dengan nilai ρ 0,002 < 0,05. Tidak ada hubungan tingkat pengetahuan gizi dengan tingkat kepatuhan diet dengan nilai ρ 0,095 > 0,05. Analisis regresi menunjukkan tingkat pendidikan gizi memberikan kontribusi sebesar 24,2 % terhadap kepatuhan diet dan sisanya berasal dari faktor lain. Kesimpulan Bagi ahli gizi rumah sakit bisa meningkatkan pemberian motivasi dan dukungan dalam hal penyuluhan dan konsultasi gizi untuk membantu kepatuhan pasien terhadap terapi diet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan gizi, tingkat kepatuhan diet DM
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Sep 2011 05:39
Last Modified: 14 Sep 2022 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14793

Actions (login required)

View Item View Item