HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN LANSIA MENGIKUTI SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI WILAYAH KORIPAN KECAMATAN SUSUKAN SEMARANG

SUHARNINGSIH , SUHARNINGSIH (2011) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN LANSIA MENGIKUTI SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI WILAYAH KORIPAN KECAMATAN SUSUKAN SEMARANG. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN LANSIA MENGIKUTI SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI WILAYAH KORIPAN KECAMATAN SUSUKAN SEMARANG by : Suharningsih ABSTRAK Pada lanjut usia terjadi kemunduran sel-sel karena proses penuaan yang dapat berakibat pada kelemahan organ, kemunduran fisik, timbulnya berbagai macam penyakit terutama penyakit degeneratif. Program pemerintah (Depkes, 1995) dalam peningkatan kesehatan yaitu dengan adanya latihan atau exercise sangat penting untuk menghindari perubahan tiba-tiba yang terjadi pada lansia ataupun resiko jatuh. Latihan yang meliputi komponen keseimbangan akan menurunkan insiden jatuh pada lansia. Latihan fisik diharapkan mengurangi resiko jatuh dengan meningkatkan kekuatan tungkai dan tangan, memperbaiki keseimbangan, koordinasi, dan meningkatkan reaksi terhadap bahaya lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keaktifan lansia mengikuti senam lansia dengan keseimbangan tubuh pada lansia di wilayah Koripan Kecamatan Susukan.Metode penelitian menggunakan desain penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah semua lansia yang mengikuti senam lansia di wilayah Koripan dan berjumlah 40 lansia. Sampel penelitian sebanyak 36 responden menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keaktifan lansia mengikuti senam lansia di wilayah Koripan Kecamatan Susukan Semarang sebagian besar adalah aktif, (2) keseimbangan tubuh lansia di wilayah Koripan Kecamatan Susukan Semarang sebagian besar adalah buruk, (3) hasil pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji Chi Square menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara keaktifan lansia mengikuti senam lansia dengan keseimbangan tubuh pada lansia di wilayah Koripan Kecamatan Susukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: lansia, latihan jasmani (senam lansia), keseimbangan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 10:35
Last Modified: 17 Sep 2022 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14787

Actions (login required)

View Item View Item