PERBEDAAN JUMLAH JAM KONTAK PADA PASIEN MODERAT CARE ANTARA PERAWAT YANG BERKUALIFIKASI SARJANA DAN DIPLOMA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MOEWARDI SURAKARTA

UTAMI , MEIFTASARI FITRI (2011) PERBEDAAN JUMLAH JAM KONTAK PADA PASIEN MODERAT CARE ANTARA PERAWAT YANG BERKUALIFIKASI SARJANA DAN DIPLOMA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MOEWARDI SURAKARTA. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Kampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

PERBEDAAN JUMLAH JAM KONTAK PADA PASIEN MODERAT CARE ANTARA PERAWAT YANG BERKUALIFIKASI SARJANA DAN DIPLOMA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SURAKARTA Oleh : Meiftasari Fitri Utami Abstrak Pelayanan kesehatan pada masa kini merupakan industri jasa kesehatan utama di mana setiap rumah sakit bertanggung jawab terhadap penerima jasa pelayanan kesehatan. Pemberi pelayanan diharapkan bisa menurunkan biaya pelayanan namun kualitas pelayanan dan kepuasan klien menjadi tolok ukur. Perkembangan Pendidikan berpengaruh terhadap pola pikir individu, pola pikir berpengaruh terhadap perilaku. Pola pikir seseorang yang berpendidikan rendah akan berbeda dengan pola pikir orang yang berpendidikan tinggi. Perawat adalah seseorang yang berperan dalam merawat karena sakit, Kontak langsung dengan pasien dilakukan oleh semua perawat dengan jenjang pendidikan yang berbeda. Klasifikasi pasien self care, moderat care dan total care. Tingkat ketergantungan klien moderat care 3-5 jam. Perawatan langsung adalah perawatan yang diberikan oleh perawat yang hubungan secara khusus dengan kebutuhan-kebutuhan fisik, psikologis dan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan jumlah jam kontak pada pasien moderat care antara perawat yang berkualifikasi sarjana dan diploma di rumah sakit umum daerah Dr. Moewardi Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian analytic komparatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah perawat di ruang rawat inap dengan kategori pasien moderat care di RSUD Dr. Moewardi Surakarta yang berjumlah 68 perawat dan diambil sampel sebanyak 28 perawat, 14 sarjana dan 14 diploma. Pengumpulan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan observasi klasifikasi pasien . Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis Mann- Whitney U- test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Jumlah jam kontak perawat berpendidikan sarjana pada perawat di RSUD Dr. Moewardi sebagian besar adalah cukup (50%), (2) Jumlah jam kontak perawat berpendidikan diploma pada perawat di RSUD Dr. Moewardi sebagian besar adalah cukup (71 %), (3) Tidak ada perbedaan yang bermakna jam kontak antara perawat berpendidikan sarjana dan perawat berpendidikan diploma pada perawat di RSUD Dr. Moewardi Surakarta (p-value = 0,454).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan perawat, perawat, klasifikasi pasien, moderat care
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 10:25
Last Modified: 17 Sep 2022 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14785

Actions (login required)

View Item View Item