HUBUNGAN PENGETAHUAN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP PADA WANITA USIA SUBUR TIDAK PERIKSA PAP SMEAR DI DESA GONILAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARTASURA SUKOHARJO

NURYANTI , VIVIN DWI (2011) HUBUNGAN PENGETAHUAN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP PADA WANITA USIA SUBUR TIDAK PERIKSA PAP SMEAR DI DESA GONILAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARTASURA SUKOHARJO. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II )
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran )
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)

Abstract

HUBUNGAN PENGETAHUAN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP PADA WANITA USIA SUBUR TIDAK PERIKSA PAP SMEAR DI DESA GONILAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARTASURA SUKOHARJO Oleh: Vivin Dwi Nuryanti Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang dapat dicegah dengan melakukan program skrining sejak dini. Di negara-negara maju yang sudah melakukan program Pap Smear, angka kematian kanker serviks menurun 50-60%. Di tandai dengan Insiden dan mortalitas kanker serviks di dunia menempati urutan kedua setelah kanker payudara. Berbeda dengan di Indonesia kasus kanker serviks menempati peringkat pertama dengan 15.050 kasus baru dan kematian 7.566 jiwa dalam setahun. Di Indonesia pelaksanaan upaya ini masih banyak mengalami hambatan, salah satunya dari segi wanita yang selayaknya menjalani skrining. Perilaku seseorang merupakan faktor terbesar kedua yang mempengaruhi kesehatan individu. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan tingkat pendidikan terhadap perilaku tidak periksa pap smear pada wanita usia subur dengan menggunakan kuesioner. Jenis Penelitian korelasional dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sample menggunakan tehnik proportionate stratified random sampling sebanyak 136 responden. Analisa data menggunakan uji Spearman Rank. Diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat hubungan antara pengetahuan terhadap perilaku tidak periksa pap smear (p= 0,001), (2) Terdapat hubungan antara sikap terhadap perilaku tidak periksa pap smear (p= 0,012), (3) Terdapat hubungan antara tingkat pendidikan terhadap perilaku tidak periksa pap smear (p= 0,001).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Tingkat Pendidikan, Wanita Usia Subur, Perilaku Tidak Pap Smear.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 10:15
Last Modified: 17 Sep 2022 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item View Item