HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA ANAK DI SDN V JATEN KARANGANYAR

YULIANTI , RIZKA PUJI (2011) HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA ANAK DI SDN V JATEN KARANGANYAR. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (579kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar oustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)

Abstract

HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA ANAK DI SDN V JATEN KABUPATEN KARANGANYAR Rizka Puji Yulianti, Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta ABSTRAK Karies gigi adalah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi dan mengakibatkan gigi berlubang. Pada usia 6-12 tahun diperlukan perawatan lebih intensive karena pada usia tersebut terjadi pergantian gigi dan tumbuhnya gigi baru. Peran serta orang tua sangat diperlukan dalam membimbing, memberikan pengertian, mengingatkan, dan menyediakan fasilitas kepada anak agar anak dapat memelihara kebersihan gigi dan mulutnya serta mempunyai peran yang cukup besar dalam mencegah terjadinya akumulasi plak dan terjadinya karies pada anak. Pengetahuan orang tua sangat penting dalam mendasari terbentuknya perilaku yang mendukung atau tidak mendukung kebersihan gigi dan mulut anak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan orang tua tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap kejadian karies gigi pada anak Di SDN V Jaten Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory dengan menggunakan desain penelitian cross-sectional untuk memperoleh gambaran tingkat pengetahuan orang tua tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap kejadian karies gigi pada anak. Penelitian ini dilaksanakan di SDN V Jaten Karanganyar dan tempat tinggal siswa dengan mengambil sampel sebanyak 70 responden yaitu Ibu dari siswa kelas I sampai VI. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisa data menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat pengetahuan Ibu tentang kesehatan gigi dan mulut di SDN V Jaten Karanganyar sebagian besar dalam kategori Baik sebanyak 45 orang (64,3%). (2) Sebagian besar siswa di SDN V Jaten Karangnyar mengalami karies gigi sebanyak 49 orang (70%). (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Z = 1,435 dan nilai p-value = 0,033. P-Value<0,05, maka ditarik kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang kesehatan gigi dan mulut dengan kejadian karies gigi anak SDN V Jaten Karanganyar. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menambahkan faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi pengetahuan ibu tentang Kesehatan gigi dan mulut pada anak, misalnya pendidikan, umur, pekerjaan dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengetahuan Orang Tua, Kejadian karies Gigi, Anak Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 10:04
Last Modified: 17 Sep 2022 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14779

Actions (login required)

View Item View Item