HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZI SISWA SEKOLAH DASAR DI SD N KARTASURA 1, KECAMATAN KARTASURA, KABUPATEN SUKOHARJO

Wardiani , Riska Dwi (2011) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZI SISWA SEKOLAH DASAR DI SD N KARTASURA 1, KECAMATAN KARTASURA, KABUPATEN SUKOHARJO. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

Pendahuluan : Aktivitas fisik penting bagi kesehatan anak-anak dan remaja untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Aktivitas fisik juga mempunyai pengaruh dalam pengaturan berat badan. Penelitian di negara maju mendapatkan hubungan antara aktivitas fisik yang rendah dengan kejadian obesitas. Individu dengan aktivitas fisik yang rendah mempunyai risiko peningkatan berat badan sebesar 5 kg. Penelitian di Jepang menunjukkan risiko obesitas yang rendah (0,48) pada kelompok yang mempunyai kebiasaan olah raga, sedangkan penelitian di Amerika menunjukkan penurunan berat badan dengan jogging (0,57), aerobik (0,59), tetapi untuk olah raga tim dan tenis tidak menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan. Tujuan : Menganalisis hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi siswa Sekolah Dasar Negeri Kartasura 1, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitan : Jenis penelitian bersifat observasional dengan pendekatan crossectional. Data aktivitas fisik diperoleh melalui wawancara dengan metode recall 3 kali 24 jam. Data status gizi diperoleh dengan cara melakukan pengukuran antropometri. Uji hubungan yang digunakan adalah korelasi Pearson-Product Moment. Hasil : Persentase siswa SD N Kartasura 1 yang memiliki aktivitas fisik tergolong ringan sebesar 80% dan yang tergolong sedang sebesar 20%. Persentase siswa SDN Kartasura 1 yang memiliki status gizi kurang sebesar 4%, status gizi normal sebesar 92% dan yang berstatus gizi lebih 4%. Tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi anak Sekolah Dasar di SD N Kartasura 1 (p = 0.95). Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi siswa Sekolah Dasar Negeri Kartasura 1, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RAK J300/2011-001
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik dan status gizi Kepustakaan : 32 : 1989-2009
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 09:45
Last Modified: 17 Sep 2022 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14775

Actions (login required)

View Item View Item