HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA LANSIA DENGAN DEMENSIA DI KELURAHAN MAGETAN KABUPATEN MAGETAN

WARDANI, OKTI and , Agus Sudaryanto, S.Kep., Ns., M.Kes., and , Arina Maliya, A.Kep .,M .S i.Med (2011) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA LANSIA DENGAN DEMENSIA DI KELURAHAN MAGETAN KABUPATEN MAGETAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._Bab_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (BAB II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (BAB III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (BAB V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Peningkatan harapan hidup lanjut usia (lansia) mempunyai dampak lebih banyak terjadinya demensia. Dukungan keluarga diperlukan untuk menekan keparahan terjadinya demensia pada lansia. Lansia yang mengalami demensia apabila tidak mendapat perhatian atau dukungan dari anggota keluarganya dapat mengakibatkan menurunnya kualitas hidup lansia. Dukungan keluarga yang baik akan meningkatkan kualitas hidup lansia dengan demensia sehingga lansia dapat menikmati hidup di masa tuanya. Hasil studi pendahuluan dengan wawancara kepada 10 lansia di Kelurahan Magetan 6 lansia diantaranya mengungkapkan kurangnya perhatian dari anggota keluarganya, sehingga responden tidak dapat menikmati hidup di masa tuanya. Responden masih banyak mengerjakan aktivitasnya tanpa bantuan anggota keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada lansia dengan demensia di Kelurahan Magetan Kabupaten Magetan. Penelitian menggunakan desain penelitian Cross Sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 69 lansia demensia, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, data penelitian diperoleh dari kuesioner dukungan keluarga dan kuesioner kualitas hidup yang menggunakan short form 36. Uji hipotesis penelitian menggunakan Uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan 37 responden (53,6%) memiliki dukungan keluarga kategori baik dan 32 responden (46,4%) dukungan keluarga kategori buruk.Pengukuran kualitas hidup responden diperoleh data sebanyak 35 responden (50,7%) memiliki kualitas hidup yang baik dan 34 responden (49,3) memiliki kualitas hidup yang buruk. Hasil uji hipotesis penelitian diperoleh chi square 2χ = 24,410 dengan nilai p = 0,001, artinya ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada lansia dengan Demensia di Kelurahan Magetan Kabupaten Magetan. Saran penelitian bagi para lansia adalah ke depan ada perencanaan dan tindakan atau rancangan hidup lanjut usia terhadap masalah sosial ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan keluarga, kualitas hidup, lanjut usia, demensia, komunitas
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 28 Sep 2011 09:49
Last Modified: 19 Apr 2016 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14773

Actions (login required)

View Item View Item