PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA STUNTED DAN NON-STUNTED DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANYURIP I, II DAN III KECAMATAN JENAR KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH

NURYATI , NURYATI (2011) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA STUNTED DAN NON-STUNTED DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANYURIP I, II DAN III KECAMATAN JENAR KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (880kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Pendahuluan : Kelompok anak usia sekolah dasar merupakan golongan penduduk yang berada pada masa pertumbuhan yang cepat dan aktif. Dalam kondisi ini anak harus mendapatkan gizi dalam kuantitas dan kualitas yang cukup. Kekurangan gizi kronis dapat menyebabkan pertumbuhan badan terhambat (stunted) dan keadaan ini berpengaruh terhadap kecerdasan juga prestasi belajar anak. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai sesuai kemampuan anak dari proses belajar dalam waktu tertentu yang dalam bentuk nilai dan hasil tes atau ujian. Tujuan penelitian : untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dengan kejadian stunted dan nonstunted di Sekolah Dasar Negeri Banyurip I, II dan III Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Banyurip I,II dan III Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Jawa Tengah sebanyak 607 siswa. Sampel penelitian sebanyak 35 siswa untuk kelompok stunted dan 35 siswa untuk kelompok nonstunted. Teknik analisis data menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil Penelitian :hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar kelompok stunted sebagian besar baik 54,3%, sedangkan prestasi belajar kelompok non-stunted sebagian besar tidak baik 77,1%. Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara kelompok stunted dan non-stunted (thit = 0,185, dan p-value =0,006).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RAK J300/2011-009
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, stunted, non-stunted
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 09:36
Last Modified: 14 Sep 2022 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14771

Actions (login required)

View Item View Item