PERBEDAAN PENGETAHUAN GIZI DAN STATUS GIZI PADA REMAJA DI SMA KOTA DAN DESA (Studi di SMA N 1 Boyolali dan SMA N 1 Cepogo)

RATNAENI, IKA MARETNO (2011) PERBEDAAN PENGETAHUAN GIZI DAN STATUS GIZI PADA REMAJA DI SMA KOTA DAN DESA (Studi di SMA N 1 Boyolali dan SMA N 1 Cepogo). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (22MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)

Abstract

Pendahuluan : Pengetahuan gizi remaja merupakan kemampuan untuk menetapkan informasi tentang kebutuhan pangan dan nilai pangan dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan gizi sangat berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam memilih makanan, khususnya dalam memilih makanan yang tepat, bergizi seimbang dan memberikan dasar bagi perilaku gizi yang baik dan benar, yang menyangkut kebiasaan makan seseorang. Perbedaan lokasi tempat tinggal yaitu antara perkotaan dan pedesaan menimbulkan adanya perbedaanperbedaan kultur dan budaya yang mempengaruhi pengetahuan tentang gizi dan kebiasaan-kebiasaan mengkonsumsi gizi remajanya. Hasil survey yang dilakukan pada remaja siswi SMA N 1 Cepogo menunjukkan bahwa 9% remaja diperkotaan dan 4,5% remaja dipedesaan mengalami obesitas. Tujuan : Mengetahui perbedaan pengetahuan gizi dan status gizi pada remaja di SMA kota dan desa. Metode penelitian : Jenis penelitian bersifat observasional dengan pendekatan crossectional, yang meliputi data kuasioner pengetahuan gizi dengan membagikan kuasioner kepada responden dan data status gizi diperoleh dengan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. Teknik analisis data menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan gizi siswi di SMA N 1 Boyolali sebagian besar adalah baik (83.3%) dan pengetahuan gizi siswi di SMA N 1 Cepogo sebagian besar adalah cukup (54.2%), status gizi siswi di SMA 1 Boyolali dan SMA 1 Cepogo sebagian besar adalah normal (59.4%), terdapat perbedaan pengetahuan gizi antara siswi SMA 1 Boyolali dan SMA 1 Cepogo, dan terdapat perbedaan status gizi antara siswi SMA 1 Boyolali dan SMA 1 Cepogo. Kesimpulan : Ada perbedaan pengetahuan gizi dan statu gizi pada remaja di SMA kota dan desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan gizi, status gizi, remaja, kota dan desa.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2011 09:14
Last Modified: 17 Sep 2022 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14768

Actions (login required)

View Item View Item