PERBEDAAN MOTIVASI SUAMI DAN PENERAPAN MANAJEMEN LAKTASI PADA IBU MENYUSUI DI PEDESAAN DAN DI PERKOTAAN (STUDI DI DESA DOMPON DAN KELURAHAN KARANGANYAR)

YUHASNO, KOKO (2011) PERBEDAAN MOTIVASI SUAMI DAN PENERAPAN MANAJEMEN LAKTASI PADA IBU MENYUSUI DI PEDESAAN DAN DI PERKOTAAN (STUDI DI DESA DOMPON DAN KELURAHAN KARANGANYAR). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)

Abstract

Pemberian ASI eksklusif, dapat menentukan pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI merupakan suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktose dan garam-garam organik yang disekresi oleh kedua belah kelenjar payudara ibu, sebagai makanan utama bayi. Manajemen laktasi adalah keseluruhan proses menyusui, mulai dari ASI diproduksi sampai proses bayi menghisap dan menelan ASI. Keberhasilan menyusui tidak lepas dari dukungan keluarga terutama suami, karena suami dapat menguatkan motivasi ibu dalam menjaga komitmen pada ASI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dukungan suami dengan penerapan manajemen laktasi pada ibu menyusui balita usia 6-24 bulan di Desa Dompon dan di Kelurahan Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu-ibu yang mempunyai balita usia 6-24 bulan yang berada di desa Dompon dan Kelurahan Karanganyar. Sampel penelitian sebanyak 52 ibu dari desa Dompon dan 52 ibu dari Kelurahan Karanganyar. Teknik analisis data menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa dukungan suami di desa Dompon sebagian besar sedang (59.6%), sedangkan dukungan suami di kelurahan Karanganyar sebagian besar tinggi (80.8%). Manajemen laktasi pada ibu di desa Dompon sebagian besar sedang (55.8%), sedangkan manajemen laktasi pada ibu di kelurahan Karanganyar sebagian besar tinggi (76.9%). Terdapat perbedaan dukungan suami antara desa Dompon dan kelurahan Karanganyar (thit = 4.559, dan p-value = 0,000). Terdapat perbedaan manajemen laktasi antara desa Dompon dan kelurahan Karanganyar (thit = 5.398, dan p-value = 0.000). Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat diberikan bagi petugas kesehatan adalah lebih meningkatkan dukungan suami berkaitan dengan manajemen laktasi ibu menyusui.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: dukungan suami, manajemen laktasi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2011 08:52
Last Modified: 28 Sep 2011 08:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14767

Actions (login required)

View Item View Item