HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG HIV/AIDS PADA PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANAHAN SURAKARTA

NASIR, MUHAMMAD and , Winarsih Nur Ambarwati, S.Kep, Ns., ETN., M.Kep and , Ns. Sri Rahayu,S.Kep (2011) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG HIV/AIDS PADA PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANAHAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_-_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)

Abstract

Human Imunodeficiency Virus (HIV) / Aquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan salah satu penyakit menular yang menjadi masalah kesehatan secara global, karena pola penyakitnya hampir terjadi di semua negara di dunia, Kasus HIV/AIDS yang disebabkan oleh perilaku seksual yang tidak sehat sebenarnya dapat dicegah apabila PSK mempunyai pengetahuan yang cukup tentang cara penularan HIV/AIDS dan cara pencegahan HIV/AIDS. Dengan rendahnya pengetahuan PSK tentang HIV / AIDS dan dampak yang ditimbulkan juga berpengaruh pada cara pandang atau bersikap terhadap HIV / AIDS itu sendiri. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap tentang HIV / AIDS pada pekerja seks komersial di wilayah kerja Puskesmas Manahan Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelatif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah wanita pekerja seks komersial (PSK) yang pernah memeriksakan kesehatan dan tercatat di klinik IMS Puskesmas Manahan Surakarta pada tahun 2010 sebanyak 709 orang, dengan sampel 30 responden. Teknik pengambilan sampel mengunakan Quota Sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah Uji Kendall tau, dengan tingkat kepercayaan α = 0,05. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa nilai diketahui hasil bahwa nilai uji Kendall Tau tentang hubungan pengetahuan dengan sikap tentang HIV / AIDS adalah p value = ( 0,375 > 0,05, dengan nilai korelasi 0,165.Maka Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan pengetahuan dengan sikap tentang HIV / AIDS pada pekerja seks komersial di wilayah kerja Puskesmas Manahan Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, HIV / AIDS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2011 05:17
Last Modified: 19 Apr 2016 02:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item View Item