HUBUNGAN PENGETAHUAN LANJUT USIA DENGAN SIKAP MEMELIHARAAN KEBERSIHAN DIRI PADA LANJUT USIA DI KELURAHAN BANDUNGHARJO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN

SAVITRI, NADIA CITRA and , Supratman, SKM, M Kes and , Yuni Wulan Utami, S.Kep,Ns.MM.Kes (2011) HUBUNGAN PENGETAHUAN LANJUT USIA DENGAN SIKAP MEMELIHARAAN KEBERSIHAN DIRI PADA LANJUT USIA DI KELURAHAN BANDUNGHARJO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._COVER-_ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._bab_1.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
4.bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
5.bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
7.bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebersihan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam usaha mencegah suatu penyakit, termasuk kebersihan diri pada lanjut usia yang termasuk dalamnya adalah kebersihan badan, tempat tidur, kebersihan rambut, kuku dan mulut atau gigi. Untuk mendapatkan kebersihan diri secara baik dan benar dibutuhkan suatu pengetahuan dan sikap yang baik agar tercipta memelihara kebersihan diri, termasuk bagi para lanjut usia. Hasil studi pendahuluan pada lansia di Desa Bandungharjo menunjukkan masih banyak lansia yang belum melakukan kebersihan diri dengan baik yang diakibatkan oleh pengetahuan dan sikap lansia. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara pengetahuan lanjut usia dengan sikap memelihara kebersihan diri lanjut usia di Kelurahan Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan rancangan Cross Sectional. Populasi lanjut usia sebanyak 813 lanjut usia dengan sampel penelitian sebanyak 86 responden lansia dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Data penelitian diperoleh dari kuesioner pengetahuan dan sikap. Uji hipotesis menggunakan uji Fisher Exact. Hasil penelitian menunjukkan 49 responden (57%) memiliki pengetahuan kurang, 37 responden (43 %) memiliki pengetahuan baik. Hasil penelitian sikap menunjukkan 53 responden (61,6%) dengan sikap buruk, dan 33 responden (38,4%) dengan sikap baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai Fisher Exact 0,20 dengan p= 0,82 (p>0,05), artinya tidak ada hubungan pengetahuan lanjut usia dengan sikap memelihara kebersihan diri pada lanjut usia di Kelurahan Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, memelihara kebersihan diri, lanjut usia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2011 04:50
Last Modified: 19 Apr 2016 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14753

Actions (login required)

View Item View Item