HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN JASMANI PADA KLIEN DIABETES MELLITUS DI DESA DELANGGU KABUPATEN KLATEN

Romadhan, Fajar Adhitya and , Agus Sudaryanto, S.Kep., Ns., M.Kes and , Endang Zulaicha S.Kp (2011) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN JASMANI PADA KLIEN DIABETES MELLITUS DI DESA DELANGGU KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang berlangsung kronik progresif, dengan manifestasi gangguan metabolisme glukosa dan lipid, disertai oleh komplikasi kronik penyempitan pembuluh darah, akibat terjadinya kemunduran fungsi sampai dengan kerusakan organ-organ tubuh. Usaha untuk menjaga agar gula darah tetap mendekati normal juga bergantung pada motivasi serta pengetahuan klien terhadap penyakitnya. Pengetahuan orang erat kaitannya dengan perilaku yang akan diambilnya, karena dengan pengetahuannya tersebut klien memiliki alasan dan landasan untuk menentukan suatu pilihan. Tingginya kasus Diabetes Mellitus dan pengetahuan serta motivasi klien yang rendah dalam melakukan latihan jasmani menjadikan menarik kasus tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan motivasi melakukan latihan jasmani pada klien Diabetes Mellitus di Desa Delanggu Kabupaten Klaten. Design penelitian adalah deskriptif korelatif yaitu menghubungkan antara variabel bebas (tingkat pengetahuan tentang Diabetes Mellitus) dengan variabel terikat (motivasi melakukan latihan jasmani), kemudian menggunakan pendekatan cross sectional. Setelah peneliti melakukan simple random sampling diperoleh Desa Delanggu sebagai wilayah kerja dengan populasi 105 klien. Sampel pada penelitian ada 51 responden yang diambil secara acak tanpa memilih klien, jadi semua populasi berpotensi menjadi responden. Tehnik pengolahan data menggunakan pengujian Fisher Exact Test karena data berskala nominal. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan tentang penyakit pada klien Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Delanggu sebagian besar adalah baik, (2) motivasi klien Diabetes Mellitus melakukan latihan jasmani di Wilayah Kerja Puskesmas Delanggu sebagian besar tinggi, dan (3) terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan motivasi melakukan latihan jasmani pada klien Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten. Berdasarkan koefisien korelasi, maka semakin baik tingkat pengetahuan tentang penyakit, maka semakin tinggi pula motivasi melakukan latihan jasmani.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J210/2011-014
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, motivasi latihan jasmani, diabetes mellitus, puskesmas, desa delanggu.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2011 04:33
Last Modified: 20 Nov 2019 02:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14751

Actions (login required)

View Item View Item