HUBUNGAN ANTARA STRES DENGAN TINGKAT KEKAMBUHAN PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA UPT. PUSKESMAS PURWOSARI SURAKARTA

Bety, Yulia and , Winarsih Nur Ambarwati, S.Kep, Ns, ETN, M.Kep and , Arina Maliya, A.Kep., MSi.Med (2011) HUBUNGAN ANTARA STRES DENGAN TINGKAT KEKAMBUHAN PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA UPT. PUSKESMAS PURWOSARI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
2._COVER-_ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (BAB II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (BAB III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (BAB IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (BAB V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8._DAFTAR_PUSTAK.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

Stres merupakan suatu respon nonspesifik tubuh terhadap setiap tekanan atau tuntutan yang mungkin muncul, baik dari kondisi menyenangkan maupun tidak menyenangkan. Pengaruh kemajuan jaman dan era globalisasi berdampak pada perubahan gaya hidup masyarakat. Kecenderungan masyarakat bergaya hidup dinamis, mengkonsumsi makanan instan, makanan tinggi lemak, merokok, dan kurang olah raga, sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Faktor pekerjaan yang berat juga menjadi stressor seseorang sehingga bisa mengalami stres psikologis. Stres dapat menghasilkan perubahan fisiologis dan psikologis yang mengakibatkan berkembangnya suatu penyakit, salah satu contohnya adalah penyakit hipertensi. Hipertensi menimbulkan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi. Selain itu, adanya suatu fenomena dimana stres dan hipertensi memiliki hubungan sebab akibat. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara stres dengan tingkat kekambuhan pada penderita hipertensi di wilayah kerja UPT. Puskesmas Purwosari Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah penderita hipertensi di wilayah kerja UPT. Puskesmas Purwosari Surakarta, sampel penelitian sebanyak 117 penderita hipertensi, dengan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Alat analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Data penelitian diperoleh dengan kuesioner stres dan hipertensi. Hasil penelitian menunjukkan 17 responden (14,5%) menyatakan tidak pernah stres, 49 (41,9%) menyatakan kadang mengalami stres, 51 responden (43,6%) menyatakan sering stres. Hasil penelitian mengenai kekambuhan hipertensi lansia adalah 12 responden (10,3%) menyatakan tidak kambuh, 60 (51,3%) menyatakan kadang kambuh hipertensinya, 45 responden (38,5%) menyatkan sering kambuh hipertensinya. Uji hipotesis penelitian menunjukkan nilai r = 0,536 dengan tingkat signifikansi p = 0,001, dan kesimpulan penelitian adalah ada hubungan antara stres dengan tingkat kekambuhan pada penderita hipertensi di wilayah kerja UPT. Puskesmas Purwosari Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J210/2011-020
Uncontrolled Keywords: Stres, Kekambuhan Hipertensi, Lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 04:31
Last Modified: 19 Nov 2019 02:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14750

Actions (login required)

View Item View Item