HUBUNGAN SPIRITUAL QUOTIENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI (Studi Kasus di Ponpes Islam Darusy Syahadah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010)

PURNOMO, PURNOMO (2011) HUBUNGAN SPIRITUAL QUOTIENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI (Studi Kasus di Ponpes Islam Darusy Syahadah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_I._doc.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV._doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)

Abstract

Kecerdasan spiritual adalah kemampuan peserta didik dalam memberikan makna dari segala kejadian yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu menumbuhkan motivasi dalam diri peserta didik tersebut. Motivasi belajar adalah dorongan dari dalam diri seseorang yang mampu menggerakkan dan mengarahkan perilaku seseorang untuk belajar. Kecerdasan spiritual mampu menumbuhkan suatu dorongan atau motivasi. Salah satu motivasi yang ada dalam diri manusia adalah motivasi untuk belajar. Kecerdasan spiritual yang tinggi, diduga meningkatkan motivasi dalam diri peserta didik, termasuk motivasi belajar. Apa yang telah diuraikan di atas sebagai dasar untuk mengadakan penelitian mengenai hal tersebut. Masalah dari penelitian ini adalah apakah Spiritual Quotient (SQ) berhubungan dengan tingkat motivasi belajar santri Ponpes Islam Darusy Syahadah tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan positif yang berarti (signifikan) dari pelaksanaan Spiritual Quotient terhadap motivasi belajar santri PPI Darusy Syahadah Simo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research. Selain itu, penelitian ini bersifat deskriptif asosiatif yang mana dalam penelitian ini dijelaskan dan diketahui hubungan dua variabel yang ada. Dalam penelitian ini sampel diambil 25% dari populasi (132 anak) yaitu sebanyak 32 sampel dengan teknik nonproporsional random sampling. Metode yang digunakan dalam mengambil data berupa metode angket, interview, observasi dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif menggunakan analisis data statistik yang dipakai untuk menguji hipotesis asosiatif (hubungan variabel) berupa korelasi Koefisien Kontingensi. Tingkat motivasi belajar siswa PPI Darusy Syahadah Gunung Madu, Simo, Boyolali, sesuai dengan data yang ada sama seperti pelaksanaan Spiritual Quotient yaitu berada pada tingkat sedang, dengan kata lain sebagian besar data menunjukkan bahwa santri memiliki motivasi belajar yang sudah baik. Dari analisis data diperoleh harga dk adalah 2, maka dapat diperoleh harga Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 5,991. Karena harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel (6,978 > 5,991), maka Ho ditolak dan Ha dapat diterima, yaitu ada hubungan positif yang signifikan antara Spiritual Quotient dengan motivasi belajar santri PPI Darusy Syahadah Simo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK G000/2011-019
Uncontrolled Keywords: Spiritual Quotient,motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 28 Sep 2011 02:59
Last Modified: 04 Nov 2011 05:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14747

Actions (login required)

View Item View Item