IMPLEMENTASI KONSEP BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK AL-QUR’AN TERPADU BINTANGKU SURAKARTA TAHUN PELJARAN 2009 / 2010

SAEROZI, MUHAMMAD (2010) IMPLEMENTASI KONSEP BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK AL-QUR’AN TERPADU BINTANGKU SURAKARTA TAHUN PELJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I_.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)

Abstract

Metode pembelajaran PAUD merupkan salah satu hal yang penting dalam proses belajar mengajar. Strategi belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar seharusnya dikembangkan oleh pusat PAUD karena bermain merupakan dunia anak dan media belajar yang baik untuk anak, dengan pengalaman bermainyang menyenangkan dapat merangsang perkembangan anak baik secara fisik, emosi, kognisi maupun sosial. Namun praktek di lapangan yang terjadi adalah kurang realisasinya metode pembelajaran dengan baik. Oleh karenanya begitu penting dan manfaatnya metode-metode pembelajaran yang sinergis dan strategis. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengangkat rumusan masalah yaitu, implementasi konsep BCCT (Beyond Centres and Circle Time) dalam PAUD di TKAT Bintangku Surakarta. Metode BCCT ini mengunakan konsep sentra dan lingkaran yang dalam pembelajarannya dibagi sentra-sentra. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi konsep BCCT dalam pembelajaran PAUD dan kendala-kendala apa yang mungkin dapat menghambat penerapan konsep BCCT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi konsep BCCT dalam pembelajaran PAUD di TKAT Bintangku Surakarta dan mengidentifikasi kendala-kendala yang dapat menghambat dalam penerapan konsep BCCT. Manfaat penelitian ini adalah memberikan kontribusi teoritik berupa penyajian informasi ilmiyah untuk menyempurnakan penerapan konsep BCCT dalam pembelajaran PAUD serta memperkaya khasanah teoritis dikalangan pelaku Pendidikan sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan dasar pijakan serta sebagai pembanding dalam penelitian-penelitian lebih lanjut yang sejenis. Bagi guru, penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan dalam proses kegiatan belajar mengajar. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan, obyek penelitian ini adalah guru sentra dan anak didik TK A dan TK B Bintangku, untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif analitik (mengklasifikasikan denga membandingkan fenomena- fenomena). Penulis menyimpulkan bahwa, dalam proses pembelajaran sentra di TKAT Bintangku dalam penerapannya menggunakan pijakan-pijakan main, di antara pijakanya adalah pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Adapun dari kendala-kendala yang dapat menghambat dalam penerapan konsep BCCT di TKAT Bintangku adalah area yang dipakai pembelajaran sentra masih terjadi pergantian dengan kelompok lain atau belum permanen. Secara umum penggunaan konsep sentra yang dikembagkan di TKAT Bintangku Surakarta cukup baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK F100/2011-016
Uncontrolled Keywords: implementasi konsep BCCT (Beyond Centres and Circle Time) , PAUD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 28 Sep 2011 02:28
Last Modified: 04 Nov 2011 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14743

Actions (login required)

View Item View Item