PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU NUR HIDAYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

FUADI, NASHRUL (2010) PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU NUR HIDAYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (381kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)

Abstract

Sebagai tenaga pendidik professional, seorang guru dituntut mampu mengelola kelas, baik yang menyangkut siswa atau fisiknya. Pengelolaan kelas yang baik menjadi lebih penting agar tercipta kondisi belajar yang optimal dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Maka dalam hal ini, penulis berusaha meneliti pengelolaan kelas di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nur Hidayah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011. Oleh sebab itu, penulis mengangkat masalah bagaimana pengelolaan kelas di SMAIT Nur Hidayah Kartasura tahun pelajaran 2010/2011 dan bagaimana prestasi belajar siswa berdasarkan pengelolaan kelas tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengelolaan kelas, beserta prestasi belajar siswa berdasarkan pengelolaan kelas tersebut. Dari tujuan tersebut, diharapkan penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan masukan dan bahan pertimbangan tentang pengelolaan kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Sejalan dengan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan (Agustus-November 2010) di SMAIT Nur Hidayah Kartasura. Subjek penelitian ini adalah pengelolaan kelas dan prestasi belajar siswa SMAIT Nur Hidayah Tahun Pelajaran 2010/2011, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru beserta karyawan dan siswa SMAIT Nur Hidayah Kartasura. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan, didapatkan bahwa pengelolaan kelas di SMAIT Nur Hidayah sudah baik, karena dilakukan oleh guru dengan dibantu wali kelas dan asistennya. Guru-guru telah mampu menerapkan unsur-unsur dan prinsip-prinsip dalam pengelolaan kelas, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa ditunjukkan melalui nilai mata pelajaran dan kegiatan. Seperti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Tahsin telah memenuhi Kriteria Ketentuan Minimal yaitu 70. Nilai tertinggi MAPEL PAI yaitu 89 dan MAPEL Tahsin yaitu 98. Siswa juga mampu berprestasi diajang perlombaan mata pelajaran seperti tahfidz, kimia, kebumian, computer dan lain-lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 28 Sep 2011 02:16
Last Modified: 28 Sep 2011 02:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14742

Actions (login required)

View Item View Item