HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU DENGAN AKHLAK SANTRIWATI KELAS III KMI PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

KRISTIANI , DWI (2011) HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU DENGAN AKHLAK SANTRIWATI KELAS III KMI PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)

Abstract

Tujuan akhir pendidkan Islam adalah pembinaan akhlak, menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan akhirat , penguasaan ilmu dan keterampilan bekerja dalam masyarakat. Agar pengajaran agama Islam dapat diterima dan diamalkan dalam kehidupan santriwati sehari-hari, maka guru haruslah betul-betul tampil sebagai figur yang digugu dan ditiru , artinya apa yang disampaikan sama dengan kenyataan yang dipraktekkan oleh gurunya. Disinilah guru dituntut menjadi teladan bagi santriwatinya dalam segala hal, kapan dan dimanpun guru berada. Kunci kesuksesan pendidikan Islam salah satunya adalah keteladanan dari guru. Namun, kenyataan yang ada masih dijumpai guru yang berkepribadian kurang baik, dalam hal ini masih adanya guru yang kurang memperhatikan moral, disiplin, dan ucapan sehari-hari. Adapun permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah : Adakah hubungan kepribadian guru dengan akhlak santriwati kelas III KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 ? Sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Ta’mirul Islam, para pendiri memang termotivasi untuk memperbaiki serta meningkatkan akhlak para penerus bangsa. Maka dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang hubungan kepribadian guru dengan akhlak santriwati Pondok Pesantren Ta’mirul Islam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepibadian guru dengan akhlak santriwati kelas III KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat empiris atau lapangan, dan yang dijadikan subjek penelitian adalah santriwati kelas III KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam yang berjumlah 55 orang. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode quesioner atau angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisa dengan menggunakan kuantitatif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Ha diterima dan Ho ditolak. Secara statistik terdapat hubungan positif antara kepribadian guru dengan akhlak santriwati , dangan nilai korelasi produk moment sebesar 0,412. Sedangkan tingkat keeratan hubungan kepribadian guru dengan akhlak santriwati adalah sedang, hal ini dtunjukkan oleh nilai korelasi sebesar 0,412 terletak antara 0,40- 0,70.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepribadian, guru dan akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 10:42
Last Modified: 27 Sep 2011 10:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14739

Actions (login required)

View Item View Item