PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DIET TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT PENGETAHUAN & SIKAP PENDERITA DIABETES MELLITUS DALAM MELAKSANAKAN DIETNYA DI PUSKESMAS KARTASURA

Fauziah, Amalia and , Supratman S.KM., M.Kes. and , Arina Maliya, A.Kep.M.Si., Med (2011) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DIET TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT PENGETAHUAN & SIKAP PENDERITA DIABETES MELLITUS DALAM MELAKSANAKAN DIETNYA DI PUSKESMAS KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_SATU.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)

Abstract

Gizi dan diabetes memiliki hubungan yang erat. Rencana gizi atau perencanaan makanan yang tepat merupakan pengobatan yang penting untuk diabetes. Perencanaan makanan (meal planning) ini bertujuan untuk mempertahankan kadar glukosa darah senormal mungkin dan mengusahakan agar berat badan mencapai batas normal. Terapi diet atau pengaturan makanan bagi penderita diabetes secara umum bertujuan menjaga dan memelihara tingkat kesehatan optimal sehingga dapat melakukan aktivitas seperti biasanya dan diet adalah awal untuk mengendalikan diabetes. Diet dengan kalori sangat rendah, pada umumnya tidak efektif untuk mencapai penurunan berat badan jangka lama, dalam hal ini perlu ditekankan bahwa tujuan diet adalah pada pengendalian glukosa dan lipid. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang diet terhadap tingkat pengetahuan dan sikap penderita diabetes mellitus dalam menjalankan diet di Puskesmas Kartasura. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah sebanyak 62 penderita diabetes mellitus di Puskesmas Kartasura dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis Mann Whitney dan Wilcoxon ranks test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) tingkat pengetahuan penderita DM Di Puskesmas Kartasura sebelum pemberian pendidikan kesehatan sebagian besar sedang, (2) tingkat pengetahuan penderita DM Di Puskesmas Kartasura sesudah pemberian pendidikan kesehatan sebagian besar baik, (3) sikap terapi diet penderita DM Di Puskesmas Kartasura sebelum pemberian pendidikan kesehatan sebagian besar sedang, (4) sikap terapi diet penderita DM Di Puskesmas Kartasura sesudah pemberian pendidikan kesehatan sebagian besar baik, (5) terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan tentang terapi diet pada penderita DM di Puskesmas Kartasura Sukoharjo, dan (6) terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap terapi diet pada penderita DM di Puskesmas Kartasura Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J210/2011-009
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, sikap, pendidikan kesehatan, terapi diet.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 27 Sep 2011 10:04
Last Modified: 18 Apr 2016 10:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14726

Actions (login required)

View Item View Item