MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA ( STUDI KASUS DI SD N II JURANGJERO, KARANGANOM, KLATEN) TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

HASANAH , MUDIRROTUL (2011) MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA ( STUDI KASUS DI SD N II JURANGJERO, KARANGANOM, KLATEN) TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Kelas merupakan tempat utama bagi siswa untuk belajar maka diperlukan penataan ruang kelas yang nyaman dan suasana kelas yang tetap kondusif agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. SD Negeri II Jurangjero adalah sekolah yang berada di wilayah desa namun, sudah cukup maju dibanding dengan sekolah yang lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah prinsip-prinsip manajemen kelas, pendekatan manajemen kelas yang digunakan serta bagaimana keterampilam- keterampilan manajemen kelas dan upaya pengaturan ruang kelas di SD Negeri II Jurangjero? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan prinsip-prinsip manajemen kelas di SD Negeri II Jurangjero, untuk menemukan pendekatan-pendekatan yang digunakan oleh SD Negeri II Jurangjero dalam manajemen kelas sebagai bentuk interaksi guru terhadap siswa serta untuk memetakan keterampilan-keterampilan manajemen kelas di SD Negeri II Jurangjero sebagai upaya mengoptimalkan keadaan kelas dan untuk mendiskripsikan pengaturan ruang kelas di SD Negeri II Jurangjero meningkatkan prestasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis diskriptif, subjek dalam penelitian ini yaitu semua guru di SD Negeri II Jurangjero. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara. Observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada semua guru untuk mengetahui prinsip, pendekatan, keterampilan manajemen kelas dan penataan ruang kelas. Adapun observasi untuk mengetahui kelengkapan sarana dan prasarana yang ada di SD Negeri II Jurangjero. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode kualitatif diskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menjalankan manajemen kelas dengan baik meski ada beberapa yang belum dilaksanakan namun, tidak terlalu berdampak buruk terhadap pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prinsip manajemen kelas yang digunakan guru sudah diperhatikan oleh guru. Ini terbukti setiap ada permasalahan yang muncul dapat diatasi, pendekatan manajemen kelas untuk menjalin keakraban dengan siswa serta keterampilan-keterampilan manajemen kelas untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan pengaturan ruang kelas yang nyaman dapat menambah motivasi siswa untuk belajar. Dengan penggunaan prinsip, pendekatan, keterampilan manajemen kelas dan penataan ruang kelas yang nyaman, prestasi siswa di SD Negeri II Jurangjero cukup baik dengan hasil nilai selama satu semester dari kelas satu sampai enam nilai terendah berkisar 60- 69 dan nilai tertinggi 78-85.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas:
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 10:04
Last Modified: 27 Sep 2011 10:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14725

Actions (login required)

View Item View Item