HUBUNGAN ANTARA PELAYANAN KEPERAWATAN BERNUANSA ISLAMI DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

ROHMANI, TRI and , Supratman, SKM., M.Kes and , Tomy Ady Prasetyo S.Kp., BN (2011) HUBUNGAN ANTARA PELAYANAN KEPERAWATAN BERNUANSA ISLAMI DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (237kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)

Abstract

Proporsi kunjungan pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta meningkat sejak di terapkan sistem pelayanan keperawatan bernuansa islami, sehingga diindikasikan masyarakat masih belum memanfaatkan pelayanan di Rumah sakit. Pelayanan keperawatan bernuansa islami merupakan salah satu bentuk kebijakan yang diterapkan sebagai salah satu bentuk aplikasi syariat islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan antara pelayanan keperawatan bernuansa islami dengan kepuasan pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini merupakan studi deskriptif Analitik yaitu suatu penelitian yang melalui pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pasien yang mendapatkan pelayanan rawat inap. Sampel penelitian sejumlah 45 pasien dengan teknik proportionale stratified random sampling. Instrumen penelitian pelayanan keperawatan bernuansa islami dan kepuasan pasien rawat inap menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil uji Chi Square diperoleh nilai X2 sebesar 8,696 dan nilai p sebesar 0,003. Hasil ini menunjukkan p value kurang dari 0,05 Sehingga H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara pelayanan keperawatan bernuansa islami dengan kepuasan pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pasien rawat inap, pelayanan keperawatan bernuansa islami, kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 27 Sep 2011 10:06
Last Modified: 19 Apr 2016 05:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14724

Actions (login required)

View Item View Item