PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENCUCI TANGAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU MENCUCI TANGAN SISWA SDN 01 GONILAN

HADIATMA, MEGA and , Siti Arifah, S.Kp., M.Kes and , Endang Zulaicha , S.Kp (2011) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENCUCI TANGAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU MENCUCI TANGAN SISWA SDN 01 GONILAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halepan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (746kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
03_BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (bap2)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (bap3)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (bap4)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (bap5)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku mencuci tangan yang kurang tepat masih banyak ditemukan pada anak, sehingga dibutuhkan peningkatan pengetahuan tentang pentingnya mencuci tangan dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di sekolah anak tidak hanya belajar, tetapi banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan oleh anak di sekolah seperti bermain, bersentuhan ataupun bertukar barang-barang dengan teman-teman. Kuman yang ada di alat-alat tulis, kalkulator, buku-buku dan benda-benda lain akan dengan mudah berpindah dari tangan satu anak ke anak lainnya, sehingga jika ada anak yang mempunyai penyakit tertentu akan mudah menular pada anak lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang mencuci tangan terhadap tingkat pengetahuan dan perilaku mencuci tangan siswa SDN 01 Gonilan. Metode penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Sampel penelitian sebanyak 32 responden menggunakan metode random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji paired t-test uji independent t-test. Hasil analisis uji paired t-test pada kelompok eksperimen diperoleh hasil nilai ρ = 0,000 dan perilaku ρ = 0,000, maka disimpulkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku mencuci tangan pada siswa SDN 01 Gonilan. Sedangkan hasil perbandingan antara kelompok eksperimen dangan kelompok kontrol diperoleh nilai ρ = 0,001 untuk pengetahuan dan nilai ρ = 0,039 untuk perilaku. maka disimpulkan terdapat perbedaan pengetahuan dan perilaku mencuci tangan siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J210/2011-008
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, mencuci tangan, pengetahuan, perilaku.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 27 Sep 2011 09:48
Last Modified: 18 Apr 2016 11:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14720

Actions (login required)

View Item View Item