PERBEDAAN PERKEMBANGAN MOTORIK, SOSIAL DAN BAHASA ANAK TODDLER ANTARA YANG MENGIKUTI PAUD DAN TIDAK MENGIKUTI PAUD DI KELURAHAN NGLOROG SRAGEN

MUSTIKA, NOOR RACHMI WULAN and , Siti Arifah, S.Kp.,M.Kes and , Dewi Listyorini, S.Kep.,Ns (2011) PERBEDAAN PERKEMBANGAN MOTORIK, SOSIAL DAN BAHASA ANAK TODDLER ANTARA YANG MENGIKUTI PAUD DAN TIDAK MENGIKUTI PAUD DI KELURAHAN NGLOROG SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)

Abstract

Perkembangan anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah stimulasi yang berasal dari orang tua dan lingkungan pendidikan informal, formal, dan non formal, layanan pendidikan anak usia dini merupakan dasar yang sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan anak, hasil wawancara studi pendahuluan pada beberapa orang tua yang tidak mengikutkan anaknya ke PAUD mengutarakan bahwa anak kurang mandiri dan kurang aktif ketika mengikuti berbagai kegiatan, sedangkan orang tua yang mengikutkan anaknya ke PAUD mengutarakan bahwa anak senang berinteraksi dengan orang lain, mandiri dan aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perkembangan motorik, sosial dan bahasa anak toddler antara yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD di Kelurahan Nglorog Sragen. Jenis penelitian ini adalah non eksperimental dengan desain penelitian deskriptif komparatif yaitu membandingkan perkembangan motorik, sosial dan bahasa anak toddler antara yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD melalui uji DDST dengan uji beda non parametrik yaitu uji Mann Whitney, sedangkan teknik pengambilan data dengan cara cross sectional. Sampel masing-masing kelompok berjumlah 32 anak yang mengikuti PAUD dan 53 anak yang tidak mengikuti PAUD yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh populasi yaitu anak toddler yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil analisis perbedaan perkembangan motorik kasar didapatkan hasil dengan p = 0,022, perkembangan motorik halus didapatkan hasil dengan p = 0,037, perkembangan sosial didapatkan hasil p = 0,001, dan perkembangan bahasa didapatkan hasil dengan p = 0,009, terdapat perbedaan perkembangan anak toddler antara yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD. Saran untuk orang tua hendaknya dapat lebih meningkatkan pengetahuan tentang stimulasi perkembagan anak dan meningkatan stimulasi anak pada saat anak tidak dalam proses belajar di sekolah sehingga diharapkan perkembangan anak akan tumbuh dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perkembangan motorik, sosial dan bahasa, anak toddler, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Sep 2011 08:17
Last Modified: 19 Apr 2016 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14699

Actions (login required)

View Item View Item