HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPRIBADIAN DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT PEMBINA KESEJAHTERAAN UMMAT (PKU) MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Afidah, Nisha and , Arum Pratiwi, S.Kp, M.Kes and , Yuni Wulan Utami, S.Kep., Ns., MM (2011) HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPRIBADIAN DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT PEMBINA KESEJAHTERAAN UMMAT (PKU) MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (513kB)
[img]
Preview
PDF (bap 1)
BAB_I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (bap 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (bap 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (bap 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (bap 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kinerja perawat pada hakekatnya adalah terlaksananya asuhan keperawatan. Pendekatan asuhan keperawatan adalah dengan proses keperawatan berupa aktivitas yang dilakukan secara sistematis melalui lima tahap yaitu pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan. Faktor-faktor yang turut mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja perawat dalam melaksanakan pelayanan keperawatan di rumah sakit adalah konflik, pengambilan keputusan, gaya kepemimpinan, supervisi, motivasi, dan tipe kepribadian. Tipe kepribadian akan berpengaruh kepada kinerja yang dilakukan terutama dalam pola perawat memberikan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Pembina Kesejahteraan Ummat (PKU) Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif non eksperimental. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua perawat di 8 bangsal Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 58 responden dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis Rank Spearman. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa distribusi responden menurut tipe kepribadian di Rumah Sakit Pembina Kesejahteraan Ummat (PKU) Muhammadiyah Surakarta sebagian besar adalah ekstrovert. Sedangkan untuk kinerja para perawat di Rumah Sakit Pembina Kesejahteraan Ummat (PKU) Muhammadiyah Surakarta sebagian besar adalah cukup. Selanjutnya hasil pengujian Rank Spearman diperoleh r hitung sebesar 0,262 dengan p-value 0,047, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tipe kepribadian dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Pembina Kesejahteraan Ummat (PKU) Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tipe kepribadian, kinerja perawat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 26 Sep 2011 09:54
Last Modified: 19 Nov 2019 03:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14683

Actions (login required)

View Item View Item