ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY.W DENGAN PRE DAN POST MASTEKTOMI CA. MAMMAE SINISTRA DI RUANG MAWAR 3 RSUD.Dr. MOEWARDI SURAKARTA

ARLANI, VIKA (2011) ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY.W DENGAN PRE DAN POST MASTEKTOMI CA. MAMMAE SINISTRA DI RUANG MAWAR 3 RSUD.Dr. MOEWARDI SURAKARTA. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi asuhan keperawatan pada Ny. S dengan Pre dan Post Mastektomi Ca. Mammae sinistra di Ruang Mawar 3 RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai subjek pemberi tindakan, tenaga medis RSUD Dr. Moewardi Surakarta sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpualan data penelitian, dan Ny. S sebagai subjek penerima tindakan. Pengidentifikasian asuhan keperawatan ini dimulai dari pengkajian, analisa data pasien, perumusan masalah, prioritas masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan sampai evaluasi tindakan pasien dengan Ca Mammae. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya masalah keperawatan pada pasien pada pre operasi adalah: 1) nyeri berhubungan dengan proses penyakit: penekanan massa tumor ke jaringan sekitar, 2) Ansietas berhubungan dengan perubahan status kesehatan. Sedangkan masalah keperawatan setelah operasi adalah: a) Nyeri akut berhubungan dengan prosedure pembedahan trauma jaringan, b) Resti infeksi berhubungan dengan prosedure invasif pembedahan, c) Kerusakan mobilitas fisik berhubungan dengan gangguan neuromuskular. Setelah dilakukan tindakan keperawatan terhadap Ny. S selama 3 hari, maka perawat mampu: 1) mengurangi nyeri dengan mengkaji TTV, memberikan teknik relaksasi untuk mengurangi nyeri, serta pemberian analgetik. 2) mengatasi ansietas dengan memberikan penjelasan tentang penyakit, tanda gejala, dan penatalaksanaannya dan melibatkan keluarga dalam memberikan motivasi. a) mengurangi nyeri dengan mengkaji TTV, memberikan injeksi sesuai advis dokter, memberikan teknik relaksasi untuk mengurangi nyeri, serta pemberian analgetik. b) Mangatasi resti infeksi dengan melakukan medikasi setiap hari pada luka operasi. c) Mengatasi kerusakan mobilitas fisik dengan latihan rom pasif dan aktif pada bahu kiri.Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah masalah keperawatan pasien telah teratasi sebagian dan intervensi dilanjutkan.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Additional Information: RAK J200/2011-17
Uncontrolled Keywords: Ca. Mammae
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Sep 2011 05:44
Last Modified: 05 Nov 2011 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14672

Actions (login required)

View Item View Item