ASUHAN KEPERAWATAN PADA Sdr. D DENGAN GANGGUAN KONSEP DIRI: HARGA DIRI RENDAH DI RUANG ABIMANYU RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA

ANTO, NOPI (2011) ASUHAN KEPERAWATAN PADA Sdr. D DENGAN GANGGUAN KONSEP DIRI: HARGA DIRI RENDAH DI RUANG ABIMANYU RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (639kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)

Abstract

Tujuan penulisan Karya Tulis Ilmiah adalah (1) meningkatkan pengetahuan klien tentang berbagai gangguan dan penyakit jiwa dalam klien. (2) mendorong partisipasi aktif klien dalam perencanaan dan pelaksanaan program kesehatan jiwa. (3) menciptakan nilai dan norma sosial yang menunjang upaya untuk meningkatkan kondisi dan kegiatan kesehatan jiwa. Penelitian dilakukan pada pasien Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta. Klien yang diamati Sdr. D. umur 25 tahun, alamat rumah Baki, Sukoharjo. Pengumpulan data diperoleh dari pengkajian dari klien, perawat dan catatan medik perawatan dalam status klien, pengkajian dengn klien dilakukan dengan observasi langsung dengan klien. data Sdr. D mengarahkan pada masalah gangguan konsep diri harga diri rendah, didukung dengan data subjektif yaitu klien mengatakan, malu terhadap diri sendiri, mengatakan tidak berharga seakan-akan gagal mencapai keinginan dan belum mempunyai pekerjaan tetap, hanya lulusan SMP sedangkan data objektif yang didapat dari klien yaitu klien sering terlihat bingung, saat interaksi tidak focus pada pembicaraan dan selalu lambat dalam menerima pernyataan. Rencana tindakan keperawatan yang dilakukan Sdr. D sesuai dengan konsep dasar keperawatan yang bersumber pada SOP. Hasil yang dicapai dilakukan implementasi dan tahap evaluasi menggunakan pendekatan SOAP (Subjektif, Objektif, Assesment, Planing) adalah adanya interaksi pertama klien sudah mau berkenalan, berjabat tangan dan menjawab salam. Interaksi seterusnya klien sudah mampu mengungkapkan perasaannya tentang masalah yang dihadapi.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Additional Information: RAK J200/2011-34
Uncontrolled Keywords: Gangguan konsep diri, Harga diri rendah.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Sep 2011 05:27
Last Modified: 05 Nov 2011 04:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14670

Actions (login required)

View Item View Item