PERENCANAAN PEMBELAJARAN ‘AQIDAH BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (Studi Kasus di SDIT Al-Falaah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011)

SAYYAF, SAYYAF (2010) PERENCANAAN PEMBELAJARAN ‘AQIDAH BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (Studi Kasus di SDIT Al-Falaah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (BAb II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Guru sebagai pelaksana pendidikan belum sepenuhnya mampu menerima perubahan kurikulum ini. Hal ini terlihat dari perencanaan pembelajaran yang belum baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran ‘Aqidah yang ada di SDIT Al-Falaah Simo dan apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam perencanaan pembelajaran ‘Aqidah yang ada di SDIT Al-Falaah Simo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran ‘Aqidah serta faktor pendukung dan penghambat dalam perencanaan pembelajaran ‘Aqidah yang ada di SDIT Al-Falaah Simo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru ‘Aqidah. Adapun dalam hal ini, kualifikasi pendidik ‘Aqidah dapat diketahui melalui syarat-syarat sebagai berikut: memiliki keyakinan yang kuat dan tidak ada keragu-raguan di dalamnya, memiliki sifat sabar dan tabah, memiliki keteguhan hati dan keistiqamahan, berani untuk menyampaikan al-Haq dan juga menerangkan kebathilan, faham terhadap ayat-ayat qauliyah dan kauniyah Allah Taa’la, yakni paham akan Al-Qur’an dan mampu mentadabburi alam semesta sebagai ciptaan Allah Ta’ala. Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru ‘Aqidah di SDIT Al-Falaah Simo adalah hanya melalui pengembangan silabus, sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) belum dibuat secara tertulis. Dalam silabus tersebut terdapat beberapa komponen, yaitu kolom identitas, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok, pengalaman belajar, indikator pencapaian, teknik penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar, yang penulisnya belum mengacu pada pedoman penulisan silabus. Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran ‘Aqidah, guru langsung mangacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta pada buku paket pendidikan ‘Aqidah. Faktor pendukung yang dimiliki SDIT Al-Falaah Simo dalam perencanaan pembelajaran meliputi tersedianya majalah Al-Qalam yang dapat dijadikan tambahan literature, serta tersedianya jaringan internet yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pegembangan silabus ‘Aqidah yang disusun bukan dari guru ‘Aqidah sendiri melainkan oleh guru mata pelajaran lain yang bukan bidangnya, kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), kekurangjelian guru dalam memilih buku yang akan dijadikan rujukan dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan pembelajaran, ‘Aqidah, silabus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 24 Sep 2011 03:30
Last Modified: 24 Sep 2011 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14664

Actions (login required)

View Item View Item