PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH IBADAH BAGI SISWA KELAS II SD ISLAM TERPADU MUTIARA INSANI DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HIDAYATI, SITI (2010) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH IBADAH BAGI SISWA KELAS II SD ISLAM TERPADU MUTIARA INSANI DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (433kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)

Abstract

Pendidikan di sekolah merupakan sarana untuk memperbaiki keadaan sekarang dan mempersiapkan dunia esok yang lebih baik. Tantangan dalam mutu pendidikan, relevansi, dan efektifitas pendidikan sebagai tuntutan nasional sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat yang berimplikasi nyata dalam program pendidikan dan kurikulum sekolah. Pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode mempunyai andil yang cukup besar dalam upaya mencapai tujuan. Karena metode menjadi pelicin jalan dan salah satu alat untuk mencapai tujuan pengajaran yang memungkinkan materi pelajaran tersusun dalam status kurikulum pendidikan. Metode pembelajaran yang tidak tepat guna akan menjadi penghalang kelancaran jalannya proses belajar mengajar. Oleh karena itu, seorang guru harus terampil memilih metode yang tepat sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan siswa. Metode demonstrasi ini mendapatkan suatu hasil yang optimal jika mampu dipergunakan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu yang diterapkan yaitu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan efisien. Dalam penelitian ini pembelajaran yang dilakukan adalah dengan metode demonstrasi pada pelajaran Fiqih Ibadah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapannya metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih Ibadah di SDIT Mutiara Insani Delanggu serta mengidentifikasi pendukung dan penghambat dalam penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih Ibadah. Tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapannya dalam pembelajaran Fiqih Ibadah kelas II SDIT Mutiara Insani Delanggu. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan teoritik untuk memperoleh ketrampilan, pengetahuan dan wawasan khususnya mengenai pentingnya tentang penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih Ibadan. Sumbangan praktis dapat menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang berkepentingan khususnya guru dan orang tua dalam meningkatkan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih Ibadah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan analisa data yang lebih bersifat deskriptif. Objek penelitian ini adalah guru Fiqih Ibadah dan seluruh siswa kelas II beserta kepala sekolah. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah mengadakan serangkaian observasi di kelas II SDIT Mutiara Insani Delanggu dan wawancara dengan guru Fiqih Ibadah dapat disimpulkan bahwa hasil penerapan metode demonstrasi siswa dalam pembelajaran Fiqih Ibadah dalam hal wudhu dan shalat sudah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, dan hampir semua siswa kelas II mampu melaksanakan wudhu dan shalat secara benar dan tepat sesuai dengan tuntunan yang diberikan oleh guru berdasarkan langkah-langkah penerapan metode demonstrasi yang tepat dan di dukung oleh faktor dan komponen yang terkait dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi Wudhu dan Shalat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 23 Sep 2011 02:59
Last Modified: 23 Sep 2011 03:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14644

Actions (login required)

View Item View Item