PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI 3 – 5 TAHUN

Walisa, Mbaref Sugita (2011) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI 3 – 5 TAHUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (316kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
3._BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (bab.2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (bab.3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (bab.4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (bab.5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (bab.6)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Latar Belakang: Anak usia dini merupakan masa pra-operasional konkrit. Masa ini kemampuan anak untuk bergerak telah sampai pada fundamental skill yaitu anak dapat membuat penyesuaian perseptual dan motorik terhadap objek yang berupa gerak-gerak dasar. Gerak-gerak dasar tersebut terdiri dari gerak lokomotor, gerak non-lokomotor dan gerak. Kemampuan motorik ini yang akan mendukung baiknya proses belajar anak, dengan belajar anak dapat bergerak dan dengan gerak anak dapat belajar. Motorik yang baik diperlukan suatu stimulasi. Stimulasi merupakan satu cara untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran bagi anak. Salah satu stimulasi ini adalah Brain gym. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh Brain Gym terhadap kemampuan motorik kasar pada anak usia dini 3 – 5 tahun Metode Penelitian: Subjek dari penelitian ini 29 anak pada kelompok perlakuan dan 29 anak kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan Pretest and Posttest With Control Design. Intervensi yang diberikan adalah Brain Gym selama dua minggu. Pengukuran kemampuan motorik kasar dengan menggunakan Test Gross Motor Development II (TGMD-2), yaitu dengan 12 kemampuan motorik kasar yang terdiri dari 6 kemamapuan lokomotor dan 6 kemampuan objek (kemampuan manipulatif). Hasil Penelitian: Setelah dua minggu intervensi di dapatkan hasil bahwa pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah perlakuan untuk kemampuan lokomotor, kemampuan objek, dan TGMD-2 Total Skill menunjukan adanya peningkatan yang signifikan. Begitupun kelompok kontrol sebelum dan sesudah didapatkan hasil yang signifikan pada kemampuan lokomotor dan TGMD-2 Total Skill tetapi pada kemampuan objek tidak signifikan. Perbedaan pengaruh antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan uji beda pengaruh di dapatkan nilai p (p-value) 0,038. Kesimpulan: Pemberian brain gym pada kelompok perlakuan terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan motorik kasar dari pada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J110/2011-022
Uncontrolled Keywords: Brain gym, anak usia dini, kemampuan motorik kasar, TGMD
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Sep 2011 09:57
Last Modified: 04 Nov 2011 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14619

Actions (login required)

View Item View Item