PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

FATIMAH, IKA WAHYUNI SITI (2011) PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_Depan.pdf

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sertifikasi merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Rasionalnya, apabila kompetensi seorang guru itu baik maka kinerjanya akan baik pula. Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh guru PAI di MAN 1 Boyolali yang sebagian besar telah mengikuti sertifikasi. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengajukan sebuah penelitian dengan judul ”Pengaruh sertifikasi terhadap Kinerja Guru PAI di MAN 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011”. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah sertifikasi berpengaruh terhadap kinerja guru PAI di MAN 1 Boyolali terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran?. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru PAI di MAN 1 Boyolali, yang meliputi perencaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini ialah guru PAI yang telah disertifikasi yang berjumlah 7 orang. Data yang diperlukan diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumantasi. Sedangkan analisis data menggunakan pola pemikiran induktif, deduktif serta komparasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sertifikasi yang diikuti oleh guru PAI di MAN 1 Boyolali dibawah naungan Kementrian Agama. Guru PAI yang lulus sertifikasi berjumlah 7 orang, baik yang melalui jalur portofolio maupun PLPG. Kinerja guru PAI sebelum disertifikasi belum maksimal, dalam perencanaan pembelajaran komponene silabus dan RPP belum lengkap serta belum adanya pengembangan silabus. Dalam pelaksanaan pembelajaran sebelum mengikuti sertifikasi guru belum terampil dalam menggunakan media pembelajaran, sumber pembelajaran hanya terbatas pada buku, sering tidak sesuai denagn RPP yang telah disusun, metode yang digunakan belum bervariasi dan belum melibatkan siswa. Sedangkan dalam evaluasi pembelajaran guru belum melakukan penilaian dalam proses pembelajaran. Sertifikasi berpengaruh terhadap kinerja guru dengan indikator sebagai berikut: (a) Dalam perencanaan pembelajaran antara lain adanya pengembangan silabus walaupun pelaksanaannya masih bersama-sama dengan guru MGMP, komponen silabus dan RPP sudah lengkap. (b) Dalam pelaksanaan pembelajaran antara lain pelaksanaannya sudah sesuai dengan RPP, guru terampil dalam menggunakan media, sumber pembelajaran tidak hanya dari buku namun sudah ditambah dari internet, guru mengunakan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi sehingga dalam pengelolan kelas sudah lebih maksimal. Sedangkan (c) Dalam evaluasi pembelajaran guru melakukan evaluasi selama proses pembelajaran disamping evaluasi setelah pembelajaran, mengadakan remidi dan pengayaan serta perbaikan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi dan Kinerja Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Sep 2011 07:30
Last Modified: 22 Sep 2011 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14605

Actions (login required)

View Item View Item