HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 10 TIPES SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Choliq, Abdul (2011) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 10 TIPES SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b)_Halaman_Depan.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c)_Bab_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
d)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
e)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
f)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
g)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustak)
h)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
i)_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)

Abstract

Dewasa ini teknologi sudah semakin maju, dimana orang dalam memerlukan berita atau informasi sudah sangat mudah memperolehnya. Dari sekian banyak kemajuan teknologi salah satu diantaranya adalah televisi dan internet. Televisi dan internet memang dapat memberikan dampak positif, tetapi juga dapat berdampak negatif. Televisi dengan berbagai program acara siaranya dari informasi dan hiburan selalu menawarkan suatu kenikmatan terhadap pemirsannya sehingga dapat mempengaruhi pola hidup seseorang. Sedangkan penggunaan internet yang semakin meluas memungkinkan seseorang dapat mengakses segala hal kapan saja dan dimana saja. Tak terkecuali anak-anak, sebab tak jarang di warnet – warnet banyak sekali ditemukan anak-anak usia SD sedang mengakses internet, padahal dunia internet adalah dunia tanpa batas, sehingga banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari hal tersebut, terutama dalam hal akhlak anak. Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, bertaqwa, berakhlak mulia dan mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utama kitab suci Al Qur'an dan Hadits (kurikulum KTSP, standar kompetensi mata pelajaran Agama Islam SD/ MI) Masa anak-anak dan usia sekolah dasar adalah masa terpenting dalam pembinaan akhlak, karena ini dapat mendasari dirinya setelah dewasa nanti. (M. Jamaludin Mahfuzh : 2001 : 6) SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta mempunyai cita-cita luhur, yaitu ingin membentuk generasi muslim yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa serta cinta tanah air dan bangsa sehingga terwujud masyarakat utama yang adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan akhlak siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Adapun manfaatnya ada dua yaitu teoritis dan praktis, secara teoritis penelitian ini menambah khasanah keilmuan dan pengetahuan kongkrit tentang peran pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan Akhlak manusia. Dan secara praktis penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang berkepentingan khususnya guru dan orang tua murid dalam meningkatkan Ahklak siswa melalui Pendidikan Agama. Metode penelitian pada penelitian ini adalah dengan metode researt (lapangan) dengan pendekatan kuantitatif sedangkan metode pengumpulan data dengan metode Angket, observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis korelasi produk moment. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan positif antara pendidikan Agama Islam dengan Akhlak Siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: akhlak, prestasi belajar, pendidikan agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Sep 2011 06:38
Last Modified: 22 Nov 2019 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item