PELAKSANAAN PENDIDIKAN MUHADHARAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA (Studi Kasus di SMP Al-Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011)

LAELA, FARIHATUSH SHOLIHAH (2011) PELAKSANAAN PENDIDIKAN MUHADHARAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA (Studi Kasus di SMP Al-Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada zaman sekarang manusia cenderung tidak mengindahkan norma agama dan berdampak yang kurang baik bagi masyarakat, sehingga dibutuhkan aktivitas dakwah untuk mengatasi masalah ini. Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya da’i dan mubaligh yang menguasai cara berpidato yang baik dan benar, yaitu memiliki keahlian dalam menyampaikan ajaran Islam dengan penuh percaya diri dalam situasi apapun. Adapun salah satu solusinya adalah dengan mengadakan pembinaan di sekolah, yaitu dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler Muhadharah. SMP Al-Islam Kartasura menerapkan Muhadharah sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Muhadharah ini dilaksanakan dengan maksud agar siswa memiliki keberanian untuk berbicara di depan publik dengan penuh percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan Muhadharah, serta untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan Muhadharah dapat dijadikan sebagai upaya meningkatkan percaya diri siswa atau tidak di SMP Al-Islam Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah pelaksana pendidikan Muhadharah dengan sumber data Wakasek Kurikulum, guru pembina Muhadharah, serta siswa peserta Muhadharah. Teknik pengambilan sampel sumber data dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah tujuan pendidikan Muhadharah sebagai misi dakwah, melatih siswa supaya memiliki kemampuan dalam hal berbicara di depan umum, serta dapat membentuk mental siswa. Materinya meliputi teknik berpidato, materi yang berhubungan dengan agama, dan materi yang berisi tentang pengarahan kepada siswa mengenai tampil percaya diri. Pembagian kelompok dengan menggunakan sistem perkelas, dan khusus siswa kelas IX disebar ke dalam enam kelompok. Penyampaian ceramah dengan metode naskah serta menghafal. Metode menumbuhkan rasa percaya diri siswa dengan latihan/praktek Muhadharah, penguasaan materi ceramah, pengarahan mengenai tampil percaya diri, serta motivasi siswa yang diberikan oleh guru pembina Muhadharah dan siswa yang lain. Adapun upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan percaya diri siswa melalui Muhadharah adalah dengan mengadakan kegiatan jeda semester, lomba pidato di hari-hari besar Islam, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengisi kultum, serta mengikutsertakan siswa dalam lomba pidato antar sekolah. Evaluasi Muhadharah dilaksanakan di akhir pertemuan dan di akhir semester/tahun. Tingkatan rasa percaya diri siswa kelas VII antara lemah sampai dengan rata-rata bawah, sedangkan tingkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII antara rata-rata bawah sampai dengan rata-rata atas. Dengan demikian, pelaksanaan pendidikan Muhadharah tersebut dapat dijadikan sebagai upaya meningkatkan percaya diri siswa SMP Al-Islam Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Muhadharah, Percaya Diri, Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Sep 2011 05:48
Last Modified: 22 Sep 2011 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14595

Actions (login required)

View Item View Item