PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA KELAS UNGGULAN DAN NON UNGGULAN DI SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

DHARMAPUTRA, HENDRA (2011) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA KELAS UNGGULAN DAN NON UNGGULAN DI SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)

Abstract

Proses belajar mengajar dipandang sebagai aspek pendidikan jika berlangsung di sekolah saja. Dari proses pembelajaran tersebut peserta didik memperoleh hasil belajar yang merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar, yaitu mengalami proses untuk meningkatkan kemampuan mentalnya, dan tindak belajar, yaitu membelajarkan peserta didik. Sebagai suatu sistem tentu saja interaksi edukatif mengandung sejumlah komponen yang meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumber, dan evaluasi. Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan merupakan salah satu upaya untuk mewariskan nilai-nilai perjuangan dan keyakinan hidup Muhammadiyah kepada generasi muda sebagai penerus dan penyempurna amal dan perjuangan Muhammadiyah. Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP), termasuk SMP Muhammadiyah I Surakarta, merupakan sesuatu yang esensial. Keberadaannya sangat strategis, terutama untuk membentuk lulusan muslim yang berakhlak mulia, yang berguna bagi bangsa dan negara. SMP Muhammadiyah I Surakarta memiliki 3 (tiga) tingkatan pendidikan, pada setiap tingkatan diberikan 1 (satu) kelas unggulan dengan harapan akan memunculkan generasi yang unggul dan berkualitas. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat ditarik sebuah rumusan masalah, yaitu adakah perbandingan pembelajaran Kemuhammadiyahan pada kelas unggulan dan kelas non unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta? Sebagaimana rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbandingan pembelajaran Kemuhammadiyahan pada kelas unggulan dan kelas non unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Adapun manfaat penelitian ini, dapat menambah khasanah keilmuan dan pengetahuan dalam dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya mengenai perbedaan pembelajaran kelas unggulan dan non unggulan pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan tingkat SMP. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dilaksanakan secara induktif dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan pada kelas unggulan dan non unggulan, persamaan dan perbedaan tersebut dilihat dari 2 (dua) hal, yaitu (1) Perencanaan; persamaan tersebut terletak pada: tujuan pembelajaran, bahan pelajaran, dan penilaian (evaluasi). Perbedaannya terletak pada: metode pembelajaran dan media/alat pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran, persamaan terletak pada: tujuan pembelajaran, bahan pelajaran, dan penilaian (evaluasi). Perbedaannya terletak pada: metode pembelajaran, media/alat pembelajaran, kondisi kelas dalam proses belajar mengajar, dan efisiensi waktu. Kata kunci: Perbandingan, Pembelajaran Kemuhammadiyahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK G000/2011-021
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Pembelajaran Kemuhammadiyahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Sep 2011 05:24
Last Modified: 04 Nov 2011 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item View Item