HUBUNGAN ANTARA IMUNITAS PSIKOLOGIS DENGAN STRES PADA WARGA YANG TINGGAL DI SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH AKHIR (TPA) PUTRI CEMPO

Permata, Rosiana Iga (2011) HUBUNGAN ANTARA IMUNITAS PSIKOLOGIS DENGAN STRES PADA WARGA YANG TINGGAL DI SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH AKHIR (TPA) PUTRI CEMPO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
cover_sampai_abstrak.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF
bab_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF
daftar_pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)

Abstract

Masyarakat yang tinggal di sekitar TPA Putri Cempo tinggal pada lingkungan yang secara normatif dinilai sebagai lingkungan yang buruk berpotensi menimbulkan berbagai persoalan diantaranya stres, penyebaran penyakit ISPA, drainase buruk dan lain sebagianya. Pada situasi yang sama secara tidak disadari masyarakat menunjukkan respon pada pembentukan imunitas psikologis sebagai salah satu sikap mempertahankan diri (defensif). Kondisi diasumsikan imunitas psikologis dapat berkorelasi dengan tres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara imunitas psikologis dengan stres pada warga yang tinggal di sekitar TPA Putri Cempo, 2) Sumbangan atau peran imunitas psikologis terhadap stres pada warga yang tinggal di sekitar TPA Putri Cempo, 3) Tingkat imunitas psikologis dan stres pada warga yang tinggal di sekitar TPA Putri Cempo. Hipotesis yang diajukan ada hubungan negatif antara imunitas psikologis dengan stres pada warga yang tinggal di sekitar TPA Putri Cempo. Subjek penelitian adalah Warga TPA Putri Cempo Mojosongo Surakarta berjumlah 80 orang, dengan ciri-ciri: a) Bertempat tinggal diwilayah tersebut minimal 6 bulan; dan berjarak maksimal 300 meter dari TPA Putri Cempo, b) Laki-laki dan perempuan sudah berkeluarga dan mempunyai anak, c) Minimal tingkat pendidikan lulus Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data menggunakan skala imunitas psikologis dan skala stres. Teknik analisis data enggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar –0,382; p = 0,001 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara imunitas psikologis dengan stres. Semakin tinggi imunitas psikologis maka semakin rendah stres. Berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis stepwise model akhir diketahui aspek imunitas psikologis yang paling dominan terhadap stres yaitu penyelesaian masalah (coping ) (X3) dengan sumbangan efektif 16,611%. Imunitas psikologis pada subjek penelitian tergolong sedang, nilai rerata empirik = 99,888 dan rerata hipotetik = 95. Stres pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan dengan nilai rerata empirik = 83,263 dan rerata hipotetik = 92,5. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara imunitas psikologis dengan stres. Semakin tinggi imunitas psikologis maka semakin rendah stres. Sebaliknya semakin rendah imunitas psikologis maka akan semakin tinggi stres.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: imunitas psikologis, stress, TPA Putri Cempo
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 21 Sep 2011 10:42
Last Modified: 21 Sep 2011 10:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14573

Actions (login required)

View Item View Item