HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BEREMPATI DAN SIKAP TERHADAP KARAKTERISTIK PEKERJAAN DENGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO

ARININGTYAS, TIPUK (2011) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BEREMPATI DAN SIKAP TERHADAP KARAKTERISTIK PEKERJAAN DENGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
cover_-_abstraksi.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab 2)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab 3)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab 4)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab 5)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)

Abstract

bekerja di rumah sakit. Namun banyak orang keliru memandang motivasi kerja sebagai suatu ciri pribadi, dimana beberapa orang memilikinya, sementara yang lain tidak. Beberapa manajer dalam praktiknya mencap karyawan yang tampaknya kekurangan motivasi sebagai malas. Penandaan semacam ini mengandaikan seorang individu selalu malas atau kekurangan motivasi kerja, walau sebenarnya motivasi kerja merupakan akibat dari interaksi individu dengan situasi. Motivasi kerja perawat dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain faktor karakteristik individu yaitu kemampuan berempati dan faktor karakteristik pekerjaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berempati dan sikap terhadap karakteristik pekerjaan dengan motivasi kerja perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukoharjo. Hipotesis yang diajukan: (1) ada hubungan positif antara kemampuan berempati dengan motivasi kerja perawat; (2) ada hubungan positif antara sikap terhadap karakteristik pekerjaan dengan motivasi kerja perawat. Subjek penelitian perawat tetap di RSUD Sukoharjo berjumlah 75 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan studi populasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala kemampuan berempati, skala sikap terhadap karakteristik pekerjaan, dan skala motivasi kerja. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Dua Prediktor. Hasil nilai korelasi R = 0,412, Fregresi = 7,345; p = 0,001 p < 0,01). Artinya ada hubungan sangat signifikan antara kemampuan berempati dan sikap terhadap karakteristik pekerjaan dengan motivasi kerja. Hasil analisis korelasi rx1y sebesar 0,400; p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kemampuan berempati dengan motivasi kerja. Semakin tinggi kemampuan berempati maka akan semakin tinggi pula motivasi kerja. Sumbangan efektif kemampuan berempati terhadap motivasi kerja = 16%, Hasil analisis korelasi rx2y sebesar 0,412; p = 0,000 (p < 0,01) berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara sikap terhadap karakteristik pekerjaan dengan motivasi kerja. Semakin tinggi atau positif sikap terhadap karakteristik pekerjaan maka semakin tinggi motivasi kerja. Sumbangan sikap terhadap karakteristik pekerjaan terhadap motivasi kerja = 16,9%. Total sumbangan efektif kemampuan berempati dan sikap terhadap karakteristik pekerjaan terhadap motivasi kerja = 32,9% Berdasarkan uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan positif antara kemampuan berempati dan sikap terhadap karakteristik pekerjaan dengan motivasi kerja perawat. Semakin tinggi kemampuan berempati dan sikap terhadap karakteristik pekerjaan akan semakin tinggi motivasi kerja perawat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK F100/2011-028
Uncontrolled Keywords: kemampuan berempati, sikap terhadap karakteristik pekerjaan, motivasi kerja,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Sep 2011 10:00
Last Modified: 04 Nov 2011 05:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14567

Actions (login required)

View Item View Item