EVALUASI LAHAN UNTUK KAWASAN LINDUNG DAN BUDIDAYA DENGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN KARANGANYAR, JAWA TENGAH

Sumartono, Didik (2011) EVALUASI LAHAN UNTUK KAWASAN LINDUNG DAN BUDIDAYA DENGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN KARANGANYAR, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)

Abstract

Kondisi penggunaan lahan Kabupaten Karanganyar yang semakin berkembang, curah hujan tinggi dan kemiringan lereng terjal berada di sebelah timur dari kota merupakan salah satu penyebab bencana ekologis berupa tanah longsor, dan dampak yang ditimbulkan pada waktu kedepan atas pembangunan jalan tembus antara Kabupaten Karanganyar dengan Magetan sehingga diperlukan kegiatan evaluasi untuk mengurangi dampak bencana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persebaran dan luas fungsi kawasan, mengevaluasi penggunaan lahan dengan fungsi kawasan, mengetahui agihan yang sesuai dengan fungsi kawasan dengan menggunakan SIG. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan analisis fungsi kawasan yaitu dengan menggabungkan parameter penyusun fungsi kawasan, seperti curah hujan, kemiringan lereng, jenis tanah dan bentuk lahan. Peta fungsi kawasan tersebut kemudian dilakukan evaluasi antara peta penggunaan lahan dan RTRW Kabupaten. Penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil berupa peta sebaran wilayah fungsi kawasan, evaluasi fungsi kawasan dengan penggunaan lahan dan RTRW Kabupaten Karanganyar. Pengolahan hasil peta fungsi kawasan tersebut diketahui luas kawasan lindung (KL) sebesar 5.739 ha, kawasan penyangga (KP) sebesar 8.391 ha, kawasan budidaya tanaman tahunan sebesar 23.741 ha dan kawasan budidaya tanaman semusim dan permukiman sebesar 42.427 ha. ketidaksesuaian RTRW dengan kawasan lindung sebesar 1.144 ha, kawasan penyangga 1.486 ha, kawasan tanaman tahunan (KBTT) sesuai bersyarat sebesar 9.652 ha, kawasan tanaman semusim dan permukiman (KBTS) sesuai dengan fungsinya. Evaluasi mengenai penggunaan lahan yang sesuai dengan fungsi kawasan lindung berupa hutan, kawasan penyangga berupa semak belukar, kebun campuran dan hutan, untuk KBTT sangat sesuai untuk penggunaan lahan berupa hutan dan kebun, sedangkan sawah, tegalan, campuran, permukiman sesuai dengan bersyarat, sedangkan hasil evaluasi KBTS cocok untuk semua penggunaan lahan kecuali hutan dan semak belukar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kawasan, penggunaan lahan, evaluasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Sep 2011 07:00
Last Modified: 13 Jun 2012 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item