ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP SUHU UDARA DAN KECEPATAN ANGIN DENGAN APLIKASI PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA

Anwar, Baharudin Syaiful (2011) ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP SUHU UDARA DAN KECEPATAN ANGIN DENGAN APLIKASI PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] PDF (Bab V)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kota sebagai pusat aktivitas dan pembangunan, perkembangan sangat dinamis. Akibat dari perkembangan tersebut terjadi perubahan penggunaan lahan yang alami menjadi penggunaan lahan buatan sehingga terjadi perubahan karakteristik iklim mikro terutama suhu udara dan kecepatan angin yang sering dirasakan langsung oleh penduduk perkotaan.. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan suhu udara dan kecepatan angin pada tiap penggunaan lahan dan (2) Mengetahui pola persebaran suhu udara dan kecepatan angin dengan aplikasi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretasi citra, analisis statistik dengan menggunakan metode ANOVA, sedangkan pola distribusi suhu udara dan kecepatan angin dengan menggunakan metode interpolasi. Data yang digunakan berupa data primer yaitu interpretasi citra Quickbird tahun 2006 dan pengambilan sampel di lapangan dengan jumlah sampel 30 titik, selama 3 hari mulai dari jam 07.00 sampai jam 18.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji ketelitian interpretasi citra menunjukkan persentase sebesar 96,67%. Terjadi pengaruh yang signifikan antara penggunaan lahan dengan suhu udara dan kecepatan angin pada setiap jam pengukuran, kecuali jam 18.00. Pola persebaran suhu udara terkonsentrasi pada penggunaan lahan permukiman di pusat kota, yang dipengaruhi oleh kecepatan angin. Selain kecepatan angin juga diakibatkan oleh material penggunaan lahan artifisial atau buatan seperti jalan, kurangnya vegetasi dan jarangnya tubuh air di sekitar penggunaan lahan permukiman yang dapat menyerap radiasi matahari sehingga dapat menurunkan suhu udara. Pola persebaran kecepatan angin daerah perkotaan sebagian besar diakibatkan oleh penggunan lahan terbangun di pusat kota yang memicu aktivitas antropogenik seperti arus lalu lintas yang padat. Kecepatan angin akibat aktivitas antropogenik memberikan sedikit pengaruh terhadap turunnya suhu udara di sekitar penggunaan lahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK E100/2011-12
Uncontrolled Keywords: penggunaan lahan, suhu udara dan kecepatan angin
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Sep 2011 06:03
Last Modified: 03 Nov 2011 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14537

Actions (login required)

View Item View Item