IDENTIFIKASI DAN PENGUKURAN VARIABEL-VARIABEL KEPUASAN KERJA (Studi Kasus: Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik UMS)

ISHADA, EGOH (2011) IDENTIFIKASI DAN PENGUKURAN VARIABEL-VARIABEL KEPUASAN KERJA (Studi Kasus: Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)

Abstract

Masalah kepuasan kerja adalah hal yang sangat penting karena sangat berpengaruh dengan hasil kerja yang dicapai. Jumlah kayawan Tata Usaha Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah 23 karyawan dan jumlah karyawan Tata Usaha Fakultas Ekonomi adalah 14 karyawan, namun demikian belum tentu setiap pegawai mempunyai tingkat kepuasan kerja yang sama. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Mengetahui variabel-variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik UMS, Untuk mengetahui variabel apa yang paling dominan yang mempengaruhi kepuasan kerja, Membandingkan kepuasan kerja antara pegawai Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik berdasarkan PPM (Product Preference Measurement). Instrument dalam penelitian ini meliputi kuisioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan, pertama Analsis Faktor untuk meringkas dari 20 variabel MSQ (Minnesota Satisfaction Questionnaire) menjadi 7 variabel, Analisis Regresi Linier Berganda untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik, PPM (Product Preference Measurement) untuk menentukan antara karyawan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik yang mempunyai kepuasan kerja lebih tinggi. Pengolahan data Analisis Faktor menunjukan hasil peringkasan yaitu variabel wewenang, kreatifitas, aktivitas sosial, status sosial, perusahaan, gaji, penghargaan. Hasil dari Analisis regresi linier berganda Fakultas Ekonomi menunjukan bahwa variabel yang mempengaruhi kepuasan kerja adalah wewenang, perusahaan, gaji dan penghargaan sedangkan untuk Fakultas Teknik adalah kreatifitas, status sosial, perusahaan, gaji. Hasil dari PPM (Product Preference Measurement) menunjukkan bahwa karyawan Fakultas Teknik mempunyai kepuasan kerja lebih tinggi yaitu dengan total skor 4,1. Usulan perbaikan untuk Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik adalah dengan cara meningkatkan dan memperbaiki wewenang, gaji, kebijakan perusahaan, penghargaan, kreatifitas karyawan dan penghargaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis faktor, Kepuasan kerja, MSQ, PPM, Regresi linier berganda
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Sep 2011 06:38
Last Modified: 20 Sep 2011 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14506

Actions (login required)

View Item View Item