OPTIMALISASI BIAYA PERAWATAN MESIN DENGAN METODE RANTAI MARKOV (Studi kasus pada mesin SOR-M di CV. Mediatama Jl. Adisumarmo No. 331)

APRILIANTO, FATMA DIAN (2011) OPTIMALISASI BIAYA PERAWATAN MESIN DENGAN METODE RANTAI MARKOV (Studi kasus pada mesin SOR-M di CV. Mediatama Jl. Adisumarmo No. 331). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bba IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status kondisi mesin dan menentukan tindakan perawatan, menghasilkan usulan tindakan perawatan dan mengoptimalkan biaya perawatan, dan mengetahui biaya perawatan pada periode yang akan datang. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu menjadikan pertimbangan untuk mengambil kebijakan untuk meningkatkan produksi dan mengoptimalkan biaya perawatan. Studi kasus yang dilakukan di CV. Mediatama pada mesin SOR-M. Metode yang digunakan dalam pengolahan data yaitu metode rantai markov. Metode rantai markov untuk menentukan probabilitas dari status kondisi mesin. Analisis biaya yang dilakukan antara lain cost of deffect, biaya rata-rata ekspektasi dan biaya perawatan tiap kebijakan. Dari pengolahan dan analisa data diperoleh probabilitas transisi yang terbesar adalah dari baik ke baik yaitu sebesar 0,51. Pada kombinasi tindakan terdiri dari 5 tindakan, diambil 6 alternatif tindakan perawatan usulan. Alternatif tindakan yang dipilih adalah kebijakan ke-3, yaitu: tidak melakukan tindakan saat mesin dalam kondisi baik. Melakukan perbaikan pada saat mesin dalam kondisi rusak ringan, sedang dan agak berat, dan penggantian pada saat mesin rusak berat. Kebijakan perawatan ini membutuhkan biaya sebesar Rp 461.006,00. Prosentase penurunan biaya tersebut sebesar 21.79 %, dari perbandingan antara perawatan usulan dengan perawatan yang ada, bulan Desember 2011 merupakan bulan yang mampu menekan biaya perawatan sebesar Rp. 187.800,00. Total biaya perawatan diperusahaan dalam 1 tahun sebesar Rp. 8.700.956,00 dan total biaya perawatan yang diusulkan Rp. 7.155.510,00 sehingga dapat diperoleh selisih Rp. 1.545.446,00.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D600/2011-012
Uncontrolled Keywords: downtime, kebijakan perawatan, probabilitas, status kondisi mesin.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Sep 2011 05:26
Last Modified: 03 Nov 2011 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14501

Actions (login required)

View Item View Item