EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI I KARANGDOWO KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007

Haryanti, Reni (2008) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI I KARANGDOWO KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A420030049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri atas 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1-XI IPA 3 yang homogen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,51 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 5,91, rata –rata siklus II meningkat menjadi 6,95 dan rata-rata siklus III meningkat menjadi 7,83. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,72 point atau 72%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,72 point atau 72%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode tutor sebaya, hasil belajar biologi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2008 07:07
Last Modified: 01 Feb 2011 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item